Logo Network
Network

Perceraian Capai 400 Ribu per Tahun, Kemenag: Indonesia HadapI Krisis Ketahanan Keluarga

M Wali
.
Kamis, 29 September 2022 | 16:05 WIB
Perceraian Capai 400 Ribu per Tahun, Kemenag: Indonesia HadapI Krisis Ketahanan Keluarga
Angka perceraian di Indonesia per tahun capai 400 ribu. Foto: Ist/iNewsTemanggung.id

JAKARTA, iNewsTemanggung.id - Tingginya angka perceraian di Indonesia menjadi perhatian tersendiri bagi Kementerian Agama Republik Indonesia. 

Kamaruddin Amin selaku Dirjen Bimas Islam Kemenag mengatakan, Indonesia tengah menghadapi ketahanan keluarga yang krisis.

Hal ini terlihat dari tingginya angka perceraian yang menunjukkan kurang lebih 400 ribu pasangan bercerai dari 2 juta peristiwa nikah setiap tahunnya.

"Kita bisa bayangkan 400 ribu orang bercerai setiap tahun, itu artinya 400 ribu janda, duda dan mungkin jutaan anak yatim setiap tahun," ujar Kamaruddin kepada wartawan di Kantor Kemenag, Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Kamaruddin menyebut, masifnya angka perceraian di Indonesia akan berdampak kepada ketahanan nasional. Sebab ratusan ribu duda, janda, hingga anak yatim akan menciptakan masalah-masalah sosial di tengah masyarakat.

Maka dari itu, Kemenag lanjutnya, telah melakukan revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) untuk memitigasi masalah keluarga, dengan melakukan sejumlah program.

Misalnya untuk Bimbingan Pra Nikah dan Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin (Bimwin catin), Kemenag bekerjasama dengan lembaga terkait seperti Kemenkes dan BKKBN.

"Tujuannya bisa menekan angka perceraian, angka perkawinan anak, stunting, kekerasan dalam rumah tangga. Karena mereka dibekali berbagai informasi pengetahuan maka mereka bisa betul-betul membangun keluarga sakinah mawadah warahmah," katanya. 

Pihaknya berharap, KUA  dapat menjadi pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama.

Setiap pelayanan KUA harus berpegang pada prinsip moderat, inklusif, mudah, andal, kredibel, dan transparan.

"KUA yang dulu dikenal sebagai Kantor Urusan asmara, sekarang bukan hanya urusan asmara saja, tapi banyak sekali layanan publik yang bisa didapatkan di KUA," jelasnya.

Sebagai informasi, Revitalisasi KUA telah menetapkan empat tujuan strategis, yaitu: peningkatan kualitas kehidupan umat beragama, penguatan peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagamaan, penguatan program dan layanan keagamaan, dan peningkatan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat layanan keagamaan.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul "Janda Makin Banyak, Kemenag: Setiap Tahun Ada 400 Ribu Perceraian"

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.