get app
inews
Aa Read Next : Hardiknas 2024, Puluhan Sekolah di Temanggung ikuti Festival Seni dan Gelar Karya Pendidikan

Selaraskan Kurikulum Merdeka, SMK N 1 Bansari Temanggung Kemas Program P5 dengan Festival Budaya

Rabu, 02 November 2022 | 20:25 WIB
header img
Para siswa siswi SMK N 1 Bansari gelar festival budaya dalam rangka program P5 kurikulum merdeka. Foto: Dwi/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Siswa-Siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bansari gelar rangkaian acara Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan berbagai upacara adat Temanggungan pada Rabu, (2/11/2022).

Mengangkat tema kearifan lokal, agenda tersebut menampilkan berbagai rangkaian acara seperti, Grebeg Makukuhan, Tedak Siten, Cukur Gombak, Siraman Midodareni, Wiwit Tandur, Suronan Traji, Tingkeban, Nyadran Kali, dan Merti Dusun.

Ari Nur Cahyani, selaku kordinator Fasilitator P5 menjelaskan acara ini dimotori oleh siswa mulai dari ide hingga pelaksanaannya.

"Untuk kegiatan ini baru pertama kami laksanakan disini, dan semua acara dikonsep oleh siswa, mulai dari ide acara, persiapan, sampai pelaksanaan, kami hanya menjadi fasilitator," ujarnya.

Lebih lanjut, Ari mengatakan, tujuan dilaksanakannya P5 diharapkan dapat menanamkan enam dimensi Pelajar Pancasila pada anak.

"Kami mengambil topik upacara adat karena itu bisa mencakup semua, mulai dari tarian, makanan, musik dan sebagainya semua tercakup. Selain untuk nguri-uri budaya, kami juga mengharapkan acara ini bisa menanamkan enam dimensi P5," jelasnya.

Sementara itu , menurut Kepala Sekolah SMKN 1 Bansari, Priyo Nugroho, acara ini disesuaikan dengan kurikulum saat ini.

 "Gelar karya ini merupakan salah satu bukti bahwa SMK Bansari telah melaksanakan kurikulum saat ini, di mana pada setiap pembelajaran siswa harus berbaris proyek, menghasilkan produk, jadi ini sudah sesuai," pungkasnya.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut