Tingkatkan Komunikasi Orang Tua dan Murid, PAUD Elpist Temanggung Gelar Kelas Parenting

M Wali
.
Kamis, 01 Desember 2022 | 16:18 WIB
Kelas parenting oleh PAUD Elpist. Foto: Mr/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Elpist adakan kelas parenting untuk guru maupun orang tua wali murid dalam rangka meningkatkan kapasitas penyelenggaraan belajar mengajar pada Kamis, (1/12/2022). Bertempat di Aula INISNU Temanggung. 

Mengambil tema 'Menumbuhkan Potensi Baik Ananda' kegiatan ini bertujuan untuk menjadi salah satu memberikan pemahaman tentang berkomunikasi kepada anak. 

Hadir sebagai narasumber Mahalia Putik Founder Synergy Parenting and Communication wilayah Karesidenan Kedu. 

Dalam materinya menjelaskan, bahwa ada beberapa kemampuan anak yang berperan dalam menentukan kesuksesan di masa dewasanya. Ada IQ (Intellegence Quotient), yang menyumbang kesuksesan sebasar 20%, sisanya kesuksesan ditentukan oleh kemampuan SQ (Spiritual Quotient), dan EQ (Emotional Quotient).

"Namun Yang paling menentukan kesuksesan seseorang adalah AQ (Addversity Quotient), kecerdasan menghadapi kesulitan atau hambatan dan kemampuan bertahan dalam berbagai kesulitan hidup dan tantangan yang dialami," jelasnya. 

Maka untuk itu, Lia yang juga pakar psikologi anak tersebut menghimbau kepada para orang tua harus memberikan kesempatan untuk menemukan solusinya sendiri. 

"Seperti Anak mengeluh karena mainan puzzlenya tidak bisa nyambung menjadi satu, orang tua jangan dibiasakan misalnya “Sini…Ayah bantu!”. Tutup botol minum sedikit susah dibuka, “Sini… Mama saja”. Tali sepatu sulit diikat, “Sini… Ayah ikatkan"," katanya. 

Kelas Parenting dihadiri pula oleh ketua YAPTINU Nur Makshun. Dalam sambutannya ia memberikan apresiasi kepada para wali murid yang berkenan hadir dan mengikuti parenting yang ditujukan untuk menambah pengetahuan bagi para orang tua dalam mengasuh putra-putrinya di rumah.

"Harapannya orang tua dapat bersinergi dengan PAUD Elpist dalam mendampingi tumbuh kembang putra putrinya. Kedepan yayasan akan terus memperbaiki fasilitas sarana dan prasarana untuk mendukung pengembangan segala potensi peserta didik," pungkasnya. 

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News

Bagikan Artikel Ini