get app
inews
Aa Read Next : Paguyuban Pemdes Pringsurat Ajak BPD Naik Kelas Melalui Pelatihan

KemenPUPR Berikan Bantuan Sepuluh Rumah di Temanggung

Selasa, 17 Januari 2023 | 20:11 WIB
header img
Bantuan Mendirikan Rumah dari KemenPUPR, Foto : Hms/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Sebanyak sepuluh keluarga di Desa Pingit, Kecamatan Pringsurat, Temanggung menerima bantuan masing masing Rp35 juta untuk mendirikan rumah pada Selasa, (17/01/2023). 

Dana tersebut diberikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI (KemenPUPR) melalui bantuan program perumahan Teknologi Rumah Sistem Panel Instan (RUSPIN). 

RUSPIN merupakan terobosan bagi pemenuhan kebutuhan rumah yang sangat tinggi. 

Teknologi RUSPIN adalah teknologi rangka rumah pra cetak dengan sistem panel menggunakan sambungan baut.

Ruslin dapat terpasang secara cepat, yakni berkisar 3-4 hari, sehingga dapat menjadi solusi bagi permasalahan penyediaan kebutuhan masyarakat akan rumah yang murah dan memenuhi persyaratan kualitas teknis sebuah rumah.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Temanggung Hendra Sumaryana menjelaskan, keluarga yang menerima bantuan ini sudah memiliki tanah dan di pondasi secara mandiri, "Pengadaan tanah oleh penerima bantuan, demikian pula dengan pondasi rumah. Sehingga nanti tinggal memasang panel rumah dan atap," kata Hendra 

Lebih lanjut Hendra menyampaikan bahwa RUSPIN diberikan pemerintah, karena masyarakat terkena relokasi akibat rumah yang ditempati berada di lahan bukan milik, seperti berada di atas tanah milik KAI.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut