get app
inews
Aa Read Next : Bejat!! Pria Asal Temanggung Cabuli Anak Majikan Umur 4 Tahun

Pekikan Takbir Tedengar saat Ibadah Misa di Gereja Yogyakarta Ketika Gempa

Rabu, 26 Juli 2023 | 14:46 WIB
header img
Jama'ah Gereja pekikan takbir di gereja ketika gempa. Foto: Ist/iNewsTemanggung.id

YOGYAKARTA, iNewsTemanggung.id - Video yang memperlihatkan seorang pastur gereja di Yogyakarta saat gempa yang berpusat di Pacitan pada Minggu (23/7/2023) itu viral di media sosial. Pasalnya ada rombongan meneriakkan takbir di gereja.

Dalam video yang beredar terdengar suara pekikan takbir di tengah kehebohan para jamaah. Gereja tersebut konon terletak di Kecamatan Baciro, Yogyakarta.

Sekretariat gereja yang juga merupakan official social media officer Gereja Kristus Romo Baciro, khususnya Irenus Bali Dwi Aditya membenarkan kejadian tersebut.

Musibah itu terjadi saat gempa bermagnitudo 5,7 mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.

"Itu terjadi pada Minggu malam, sekitar pukul 19.33 WIB," ujar dia pada Selasa (25/7/2023) malam.

Ia mengaku bahwa memang ada jemaat yang teriak takbir secara refleks, kemungkinan dari salah satu umat katekumen, yaitu mereka yang sedang belajar menjadi umat Katolik.

Saat kejadian, sedang berlangsung ibadat pukul 19.00 dan mayoritas jemaat yang hadir adalah kaum muda. Peribadatan ini juga disiarkan secara live streaming melalui channel media sosial "crembo media."

"Itu adalah ibadat umat yang masih muda, yang baru belajar menjadi umat Katolik," katanya.

Irenaeus tak tahu pasti siapa di antara anggota laki-laki atau perempuan yang meneriakkan "Allahu Akbar" dalam video tersebut. Begitu juga dengan sumber video yang bergulir.

Namun, dia memastikan video yang beredar hanya sebagian kecil saja, karena sudah memiliki versi lengkap dari video tersebut.

"Kami memiliki rekaman video yang lengkap sebenarnya. Karena yang diunggah hanyalah potongan beberapa detik saja," imbuhnya.

Editor : M Wali

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut