get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Temanggung Berikan Bantuan Stimulan Rp5,2 Miliar untuk Perbaikan 262 Rumah Tak Layak Huni

Pesona Eksotis Gunung Sumbing, Wisata Alam Menakjubkan di Temanggung

Senin, 13 November 2023 | 16:33 WIB
header img
Pesona eksotis gunung sumbing yang menakjubkan. Foto: Ist/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemaggung.id - Temanggung, sebuah kabupaten yang kaya akan keindahan alam di Jawa Tengah, menyuguhkan destinasi wisata yang memikat hati para pengunjung. Salah satunya adalah keelokan Gunung Sumbing, sebuah puncak yang memikat dengan pesona alamnya yang eksotis dan beragam atraksi wisata yang menarik.

Gunung Sumbing, yang terletak di antara Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo, menawarkan pengalaman wisata alam yang tak terlupakan. Berikut adalah beberapa daya tarik yang membuat Gunung Sumbing menjadi destinasi yang sayang untuk dilewatkan:

Keindahan Alam yang Menawan

Dengan ketinggian mencapai 3.371 meter di atas permukaan laut, Gunung Sumbing memanjakan pengunjung dengan panorama alam yang memukau. Pemandangan hijau perbukitan, hamparan kebun teh yang memesona, serta udara segar yang menghembuskan kesegaran membuat setiap perjalanan ke Gunung Sumbing menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Pendakian yang Menantang

Bagi para pecinta petualangan dan pendaki gunung, Gunung Sumbing menawarkan tantangan yang memikat. Jalur pendakian yang beragam memberikan pilihan bagi pendaki, mulai dari jalur pendakian Sarangan, Selo, dan Dieng. Setiap jalur menjanjikan pemandangan alam yang berbeda, memperkaya pengalaman mendaki Gunung Sumbing.

Kawah Sumbing

Di puncak Gunung Sumbing, terdapat kawah yang mempesona. Kawah Sumbing menawarkan pemandangan spektakuler dan pengalaman unik bagi para pendaki yang berhasil mencapai puncak. Udara sejuk dan angin sepoi-sepoi menjadi saksi bisu keindahan alam yang tercipta di dalam kawah.

Sunrise dan Sunset yang Memukau

Puncak Gunung Sumbing juga dikenal sebagai spot terbaik untuk menikmati keindahan sunrise dan sunset. Moment ini menjadi puncak dari perjalanan pendakian, di mana matahari terbit dan terbenam memberikan nuansa warna yang dramatis di langit Gunung Sumbing.

Keberagaman Hayati

Gunung Sumbing juga menjadi rumah bagi keberagaman hayati. Para pengunjung dapat menemukan berbagai jenis flora dan fauna yang hidup di ketinggian tersebut, menciptakan harmoni alam yang mempesona.

Tips Perjalanan

  • Pastikan untuk membawa perlengkapan pendakian yang memadai dan sesuai dengan kondisi cuaca.
  • Perhatikan aturan dan regulasi pendakian yang berlaku di Gunung Sumbing.
  • Nikmati setiap momen perjalanan, jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan keindahan alam.

Dengan segala keistimewaannya, Gunung Sumbing menjadi destinasi wisata yang menggoda untuk dieksplorasi. Temanggung, dengan keindahan alamnya yang memukau, memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para pencinta alam dan petualang.

Editor : M Wali

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut