Satpol PP Bersihkan Area Trotoar Pasar Induk, Pedagang Pindah ke Gedung Baru

M Wali
.
Rabu, 07 September 2022 | 13:37 WIB
Foto: Ist/iNewsTemanggung.id

WONOSOBO, iNewsTemanggung.id - Kawasan area Pasar Induk Wonosobo saat ini telah bersih dari pedagang yang berjualan di trotoar. Satpol PP meklaim, seluruh pedagang telah masuk ke gedung yang baru.

“Iya sudah kita sterilkan dari para pedagang. Alhamdulillah secara bertahap akan kita kembalikan sesuai fungsinya,” terang Kepala Satpol PP Wonosobo Sumekto Hendro K Selasa (6/8/2022).

Ia menjelaskan, proses pembersihan itu dilakukan pada Senin (5/8/2022) lalu. Dengan menerjunkan 60 petugas gabungan dari Satpol PP, Disperindag dan Disperkimhub Wonosobo.

“Tapi tadi pagi masih ada pedagang yang mencoba berjualan. Tapi sudah kita beritahu agar masuk dan Alhamdulillah mereka sudah mengerti,” ujarnya.

Ia memastikan, saat ini para pedagang yang berjualan di sekitar area Jalan Pasar Satu, Pasar Dua dan Resimen sudah bersih. Agar pedagang tidak kembali ke trotoar, pihaknya dalam beberapa hari ke depan tetap melakukan pengamanan di area tersebut.

“Karena tadi (kemarin, red) itu sisa dua pedagang saja yang masih mendapat izin berjualan di trotoar karena memang belum mendapat lapak. Tapi setelah kita temukan dengan kepala UPT Pasar, akhirnya bisa masuk,” jelasnya.

Setelah tiga jalan di area tersebut telah bersih dari pedagang, sejumlah perbaikan infrastruktur jalan bisa dilakukan. Sehingga kawasan pasar bisa kembali nyaman untuk aktifitas para penggunanya.

“Kurang PKL di Jalan A Yani yang belum kita tertibkan karena memang belum ada solusi bagi mereka. Kalau ini sudah ada jalan keluar, kita akan lakukan penertiban selanjutnya,” jelasnya.

Ia juga meminta kepada dinas terkait agar bisa segera meramaikan pasar. Sehingga para pedagang tidak merasa sepi pembeli dan akhirnya kembali keluar ke trotoar.

Pihaknya akan terus melakukan pendekatan secara humanis, melakukan sosialisasi serta memberikan pemahaman kepada pedagang agar tidak merasa digusur dan juga pastikan pedagang bersedia untuk ditertibkan agar tercipta kenyamanan bersama.

Editor : M Wali
Bagikan Artikel Ini