get app
inews
Aa
Read Next : Puluhan Gedung SD di Temanggung Rusak, Ini Respon Pj Bupati

Diprediksi Hasil Panen Tembakau Temanggung Menurun Akibat Cuaca, Ini Solusi Bupati

Rabu, 14 September 2022 | 18:51 WIB
header img
Petani cemas khawatir hasil panen tembakaunya tak maksimal akibat cuaca. Foto : Humas/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Cuaca yang tak menentu membuat para Petani Tembakau Temanggung cemas. Mereka berharap kondisi cuaca bisa baik agar pasokan terik panas sinar matahari bisa membuat hasil rajangan tembakau yang mereka jemur dapat kering. 

Masa seperti ini petani sangat membutuhkan sinar matahari normal guna memaksimalkan penjemuran tembakau rajangan.

"Semoga cuaca yang mendukung ini dapat terus berlangsung karena kemarin sempat beberapa hari turun hujan yang mengakibatkan tembakau tidak kering maksimal, jelas salah seorang petani asal Tlogomulyo, Yulianto (35), Rabu (14/9/2022). 

Ia menambahkan, dengan memperoleh tembakau dengan kualitas hasil maksimal, para petani juga kian memiliki asa cukup tinggi tembakau yang mereka produksi dapat dibeli oleh pihak pabrikan dengan harga yang lumayan tinggi. 

"Kalau tidak bisa kering dalam satu hari saja, hancur sudah Mas. Karena tembakau yang baik itu kering dengan proses penjemuran satu hari," imbuhnya. 

Mewakili para petani pada umumnya, ia berharap agar musim panen tembakau tahun ini dapat menghasilkan produk berkualitas, sehingga hasil penjualan kepada pihak pabrikan dapat memberikan limpahan rejeki bagi para petani. 

"Biaya operasional untuk memproduksi tembakau mulai dari proses tanam, rajang, hingga penjemuran membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Jadi harapan kami harga beli pabrikan juga sebanding dengan biaya yang kami keluarkan," harapnya.

Sementara itu, dilansir dari http://hebat.temanggungkab.go.id/news/3399708 Bupati Temanggung, HM Al Khadziq menyampaikan pembiayaan pengolahan tanaman tembakau naik, pasalnya cuaca yang tak menentu. Dan diprediksi hal tersebut berimbas pada produksi tembakau Temanggung kurang maksimal.

"Diperkirakan tahun ini produksi hanya berkisar di angka sekitar 8.000 sampai 10.000 ton tembakau kering. Dengan hitung-hitungan tersebut, di atas kertas seluruh produk tembakau petani lokal akan mampu terserap sepenuhnya oleh pihak industri. Oleh sebab itu kami meminta pabrikan agar menyerap habis seluruh tembakau petani Temanggung serta dapat membelinya dengan harga tinggi supaya para petani bukan saja bisa menutup biaya produksi, tetapi juga agar mendapatkan keuntungan ekonomi," pinta Khadziq.

Bukan tanpa alasan, para petani sejatinya telah memiliki hitung-hitungan terkait biaya operasional yang harus dikeluarkan untuk bertanam hingga memproduksi tembakau sehingga masalah beli menjadi faktor yang cukup krusial.

Seperti diungkapkan Sekretaris DPC Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Temanggung, Yamuhadi. Menurutnya, berdasar perhitungan matematis analisa usaha, setiap 1 hektare lahan tanaman tembakau petani harus mengeluarkan biaya minimal Rp 70 juta. Sehingga dengan asumsi tingkat produktifitas panen di angka 650 sampai 750 kilogram per hektare nya, minimal harga jual tembakau yang ideal bagi mereka adalah pada rentang Rp80.000 sampai Rp 100.000 atau lebih setiap kilogramnya.

Diberitakan sebelumnya, dilansir dari halaman yang sama, hasil kunjungan industri Pemkab Temanggung ke dua pabrikan rokok raksasa, yakni PT Gudang Garam dan PT.Djarum diperoleh kabar bahwa pada musim panen raya ini, estimasi serapan tembakau dari petani Temanggung mencapai angka 18.000 sampai 19.000 ton. Dengan rincian PT.Gudang Garam sekitar 15.000 ton dan PT.Djarum antara 3.000 sampai 4.000 ton.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut