Angka Pengangguran di Temanggung Terendah Peringkat 2 se-Jateng

Nasrul
.
Senin, 19 September 2022 | 11:01 WIB
Kepala Disnaker Kabupaten Temanggung Agus Sarwono. Foto: Ns/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id  - Kabupaten Temanggung menempati posisi kedua tingkat pengangguran terendah se-Jawa Tengah berada diangka 2,62 persen dari angka pengangguran di Jateng 5,95 persen dengan angka pengangguran terbuka 11.918. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Disnaker Kabupaten Temanggung Agus Sarwono di kantornya, katanya data terakhir menyebutkan 18 sampai 56 tahun usia angkatan kerja di Temanggung mencapai 454.927, dan yang tengah bekerja sebanyak 443.009. 

“Untuk di Temanggung, penyebab bertambahnya pengangguran, antara lain adanya perusahaan. Utamanya sektor kayu, banyak yang tutup. Karena kondisi di China masih lockdown. Industri sepatu PHK-nya juga cukup besar, hampir 600 orang. Sedangkan untuk lainnya, pendaftaran pekerja masih sulit di sektor industri,” paparnya Senin, (19/9/2022). 

Hingga saat ini ia melihat angka pengangguran belum begitu turun secara signifikan. Pihaknya terus berupaya bekerja keras demi angka tersebut turun. 

Banyak faktor menurut Agus, Salah satunya kenaikan harga BBM, sehingga peruhaan belum berani menambah karyawannya, sehingga perlu ada banyak trobosan yang dilakukan seperti kerja sama dengan perusahaan lain di luar daerah.

Di antaranya, pihaknya memberikan peluang kerja ke Malaysia. Dinas telah mengirimkan sebanyak 59 orang untuk bekerja di industri elektronik.

“Biaya nol rupiah. Anak-anak yang penting mau dan sehat. Dalam hal ini, kami bekerja sama dengan pihak ketiga. Pihak ketiga ini yang membiayai dan gaji tetap utuh tanpa potongan,” katanya. .

Pekerja dikontrak selama 2 tahun, ada fasilitas asrama atau mes, makan 1 hari, antar jemput dari asrama ke perusahaan. Sehingga, mereka akan mendapat gaji bersih antara Rp 8 hingga Rp 9 juta.

Konsekuensinya, jika ada yang pulang sebelum selesai kontrak, yang bersangkutan pulang dengan biaya sendiri. Namun, kalau bekerja sesuai kontrak 2 tahun penuh, kepulangan ditanggung perusahaan.

Kemudian, pihaknya juga bekerja sama dengan salah satu minimarket untuk membuka lowongan karyawan wilayah Jateng DIY di Temanggung.

“Pendaftar sudah mencapai 160 orang. Peminatnya cukup banyak, karena penganggurannya juga banyak,” pungkasnya. 

Editor : M Wali
Bagikan Artikel Ini