get app
inews
Aa
Read Next : Menjelajahi Kehidupan Sehari-hari Kebiasaan Orang Temanggung

Berenang Sambil Melihat View Pemandangan Sindoro Sumbing di Kolam Renang Tirto Wening

Senin, 26 September 2022 | 14:45 WIB
header img
Pemandangan Kolam Renang Tirto Wening dengan view Gunung Sindoro. Foto: ME/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Obyek wisata di Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung terus berkembang seiring adanya media sosial yang cepat untuk memviralkannya. 

View Gunung Sindoro dan Sumbing menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun internasional. 

Salah satu obyek wisata yang tengah menggeliat ialah saat ini ialah Kolam Renang Tirto Wening, sudah lama kolam renang ini ada namun atas beberapa hal sempat vakum. 

Sekarang melalui pengelolaan yang baik, wajah Kolam Renang Tirto Wening kembali hidup dengan wajah baru yag disuguhkan pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing. 

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Temanggung Iyan menuturkan, objek wisata di Temanggung umumnya dan di Kecamatan Kledung khususnya, mayoritas masih mengandalkan wisata alam.

Karena memang wilayah administrasi Kecamatan Kledung berada di lembah Gunung Sindoro dan Sumbing. Ia menyebutkan, sejumlah tempat wisata di Kecamatan Kledung di antaranya, Embung Kledung, wisata alam dan Taman Pososng di Desa Tlahab Sigandul view dan puncak Botorono di Desa Petarangan.

"Di Kecamatan Kledung itu ada satu kolam renang legendaris namanya Tirto Wening. Dulu saat saya masih kecil kolam renang ini sudah ada, namun karena sesuatu hal kemudian dalam beberapa tahun lalu kolam renang ini vakum dan tidak dimanfaatkan," ceritanya.

Namun saat ini katanya, kolam renang Tirto Wening kembali beroperasi, tampilan kolam renangnya juga sudah jauh berbeda dengan zaman dulu, saat ini jauh lebih baik, lebih bersih dan lebih menarik.

Menurutnya, kolam renang ini mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan kolam renang lainnya. Air yang digunakan untuk kolam renang ini adalah air bersih langsung dari mata air di Desa Tlahab. Tidak hanya itu, kolam renang ini mempunyai view yang cukup eksotis, berada di dekat Jembatan Sigandul dan letaknya juga tidak jauh dari Sigandul view.

"Dari kolam renang ini juga nampak jelas Gunung Sumbing dan Sindoro. Berenang bisa sambil refresing alam, apalagi di saat musim kemarau seperti ini, pemandangannya sangat bagus," tuturnya.

Ia berharap, ke depan kondisi wisata di Temanggung bisa terus membaik, apalagi saat ini objek wisatanya terus bertambah, tidak hanya wisata alam, sejumlah objek wisata lainnya juga sudah mulai beroperasi.

Desa-desa wisata di Temanggung juga sudah siap menerima wisatawan, ada desa wisata budaya, desa wisata sejarah dan yang lainnya," jelasnya.

Iyan menyebut data kenaikan kunjungan wisata di Kabupaten Temanggung naik drastis paska Pandemi kemarin. 

Menurut data, tingkat kunjungan wisatawan ke Temanggung juga terus menunjukan grafik peningkatan, apalagi sejak libur Lebaran, peningkatan berkisar antara 15 persen hingga 30 persen. Kalau long week end, dan akhir pekan biasanya peningkatan bisa lebih dari angka itu, tuturnya.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut