get app
inews
Aa Read Next : Hardiknas 2024, Puluhan Sekolah di Temanggung ikuti Festival Seni dan Gelar Karya Pendidikan

Festival Balon Udara Digelar, Ribuan Orang Padati Lapangan Kledung

Senin, 01 Mei 2023 | 11:23 WIB
header img
Ribuan orang padati lapangan Kledung Temanggung. Foto: Yt/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Lapangan Kledung Temanggung pada hari Jumat (28/04/2023) dipadati ribuan wisatawan. Pasalnya, di tempat tersebut sedang digelar Festival Balon Udara

Dalam festival ini, balon raksasa yang terbuat dari kertas mengudara di antara dua gunung yakni Sindoro dan Sumbing.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung Saltiono Atmaji mengungkapkan bahwa festival balon udara akan menjadi promosi dan magnet wisata di daerah ini. 

"Festival ini menjadi promosi bagi sejumlah destinasi pariwisata di kawasan Kledung khususnya, dan Temanggung pada umumnya. Masyarakat juga tampak sangat antusias menyaksikan festival balon udara ini," tuturnya. 

Ketua Pantia Festival Balon Udara di Kledung Sulistiyono menyebutkan bahwa ada 40 kelompok peserta yang ikut andil dalam festival ini. Pada festival ini juga faktor keamanan sudah diperhatikan, terutama harus pakai pengait dan tanpa petasan. 

"Syarat penerbangan balon udara sudah ditentukan oleh komunitas balon udara, yakni harus pakai pengait dan kedua tanpa petasan. Kami sadar kalau balon udara tanpa pengait padahal di situ ada perapian ini bisa mengganggu atau membahayakan juga untuk penerbangan pesawat," ujarnya.

Diperkirakan festival balon yang digelar dalam beberapa hari ini mampu menyedot animo pengunjung hingga 15 ribu orang. 

"Sampai hari ini, pengunjung Festival Balon Udara ini lebih dari 10 ribu, bahkan mencapai 15 ribu orang. Tak hanya dari Temanggung saja, tapi banyak juga dari luar daerah seperti dari Kendal, bahkan para pemudik juga menyempatkan untuk menontonnya," kata Basori salah satu panitia.

Menurutnya, yang menarik gelaran ini digagas oleh kepanitiaan berasal dari dua desa beda wilayah kabupaten, yakni Desa Kledung, Kabupaten Temanggung dan Purwosari, Reco, Kabupaten Wonosobo. Jika melihat animo masyarakat, maka kemungkinan besar festival ini akan menjadi agenda rutin tahunan setiap Lebaran.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut