Bukan untuk Manusia, Warung di Yogyakarta Ini Menjual Makanan Khusus Roh Halus

M Wali
.
Senin, 26 September 2022 | 14:57 WIB
Warung Makan roh halus di yogyakarta. Foto: Okezone/iNewsTemanggung.id

YOGYAKARTA, iNewsTemangung.id - Salah satu warung di Yogyakarta menjual dagangan yang berbeda dari biasanya. Jika yang lain dalam warung menjual menu makanan dan minuman yang lezat, di warung ini beda, yang dijual adalah makanan makhluk halus. 

Warung ini terletak di Jalan R.E Martadinata, Wrobajan, Kota Yogyakarta. Di sini, para pembeli justru disuguhi menu berupa dupa dan bunga dan perlengkapan untuk sesaji.

Jenis-jenis makanan roh halus ini terdiri dari bermacam-macam bunga, mulai dari bunga setaman, sripah, macan kerah, hingga sabetan.

Tidak hanya menjual menu makanan aneka bunga, warung ini juga menjual perlengkapan sesaji untuk keperluan ritual memberi makan roh halus seperti dupa dan berbagai minyak wewangian.

"Lucu sih, jadi kaya keunikan tersendiri. Kalau mau ke mana ditanyain, jadi kan jawabnya kaya lucu gitu. Saya beli bunga mawar dan perintilannya itu, buat nyekar," kata salah seorang pembeli, Ajeng Karlina, Senin (26/9/2022).

Warung yang telah ada sejak 30 tahun silam ini kini diteruskan oleh generasi keduanya Tri Waryanti. Menurut sang pemilik, Tri Waryanti, konon bukan hanya makhluk hidup yang membutuhkan makanan, namun juga roh halus.

"Dinamakan rumah makan Roh Halus karena kan keperluannya untuk keperluan roh halus seperti kemenyan, dupa, bunga, dan lain sebagainya. Harganya kalau per bungkus ada yang Rp5.000, ada yang Rp10.000 tergantung permintaannya," ujar Tri Wahyuni.

Sementara itu, salah seorang pembeliu lainnya, Gotri, mengaku bahwa dia sudah sering belanja di Warung Roh Halus ini. Dia kerap membeli bunga-bungaan seperti bunga kenanga dan bunga setaman untuk diberikan ke roh halus.

"Beli kembang kenanga dan setaman buat sajen di rumah," ucapnya.

Adapun, warung Roh Halus ini buka setiap hari dari pukul 05.00 WIB hingga 23.00 WIB. Harga bunga dan keperluan sesaji pun beragam, dimulai dari Rp5.000 dan Rp10.000.

Artikel ini telah diterbitkan di Okezone.com dengan judul Seram! Warung Makan di Jogja Ini Hanya Menyediakan Keperluan untuk Roh Halus.

Editor : M Wali
Bagikan Artikel Ini