get app
inews
Aa Read Next : Polres Temanggung Lakukan Sidak untuk Tera Ulang SPBU, Polisi Temukan Masalah

Pemerintah Targetkan 6 Juta Motor Terkonversi Jadi Motor Listrik di Tahun 2025

Rabu, 28 September 2022 | 14:31 WIB
header img
Motor BBM bakal di konversi jadi Motor Listrik hingga tahuan 2025. Foto: OkeZone/iNewsTemanggung.id

JAKARTA, iNewsTemanggung.id - Pemerintah targetkan 6 juta motor bakal dikonversi menjadi motor litsrik hingga 3 tahun mendatang. 

Hal ini dibenarkan oleh Tenaga Ahli Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bidang Ketenagalistrikan Sripeni Inten Cahyani mengungkapkan di dalam Grand Strategi Energi Nasional (GSEN) yang disusun bersama dengan Dewan Energi Nasional (DEN) telah memasukkan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) sebagai salah satu program strategis untuk menurunkan impor bahan bakar minyak (BBM) sebanyak 67 barel oil ekuivalen per day.

"Dengan target sebanyak 13 juta motor listrik dan 2 juta mobil listrik sampai dengan tahun 2030, di dalamnya terdapat target 6 juta motor listrik Hasil dari konversi yang pada akhir tahun 2025," ujar Sripeni dalam acara Pembukaan Indonesia Electric Motor Show 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (28/9/2022).

Dia menambahkan atas target 6 juta motor listrik hasil konversi tersebut diharapkan akan mampu mengurangi BBM sebesar 12,8 juta barel per tahun menurunkan emisi CO2 sebanyak 3,9 juta ton per tahun dan meningkatkan konsumsi listrik sebesar 2,4 terawatt hour.

"Selain daripada itu, adanya multiplier efek dari transaksi dalam negeri sekitar 72 sampai 90 triliun selama kurun waktu 5 tahun mendatang," ungkapnya.

Menurutnya, program tersebut juga akan membantu kesiapan bengkel motor untuk melayani layanan purna jual atau aftersales dari pembelian motor listrik baru.

Selain itu, akan turut membuka lebih luas lapangan pekerjaan yang lebih luas untuk keahlian teknisi, siswa SMK atau Vokasi serta peluang pasar bagi industri komponen motor listrik dan baterai nasional

"Hal ini diharapkan akan dapat mendorong tumbuhnya industri pengolahan mineral dalam negeri untuk produksi baterai nasional," pungkasnya.

Artikel ini telah terbit di Okezone.com dengan judul 6 Juta Motor BBM Ditargetkan Terkonversi Jadi Motor Listrik di 2025

 

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut