HSN 2022 Diresmikan, Menag Sebut ada Pihak yang Benci Santri

M Wali
.
Rabu, 28 September 2022 | 15:41 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat luncurkan HSN 2022. Foto: Ist/iNewsTemanggung.id

PEKALONGAN, iNewsTemanggung.id - Peringatan Hari Santri 2022 resmi diluncurkan oleh Kementerian Agama dalam seremonial di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) KH Abdurrahman Wahid Pekalongan pada Selasa, (28/9/2022) malam. 

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya menyebut, ada pihak yang tidak suka ataupun benci terhadap kemajuan santri. 

Lanjut Menag, mereka secara sengaja megeneralisasi secara berlebih atas peristiwa yang terjadi di Pondok Pesantren. 

“Hal itu dilakukan karena ketidaksukaan. Ini harus dijawab oleh para santri,” pesan Menag di Pekalongan. 
Ia menghimbau kepada seluruh santri untuk melawan para pihak tersebut dengan menunjukan prestasi. 

“Kebencian dan ketidaksukaan terhadap para santri harus dilawan. Kebencian itu harus dilawan dengan prestasi, belajar yang benar dan sungguh-sungguh, sehingga apa yang dituduhkan oleh orang yang tidak suka dengan gemilangnya para santri itu terjawab karena para santri benar-benar bisa diandalkan,” sambung Gus Men, sapaan akrab Menag.

Dipesankan Menag, kebencian orang lain jangan dilawan dengan kebencian yang sama. Jika ada orang tidak suka dengan para santri, hal itu harus dijawab dengan prestasi.

“Bukan kita melawannya dengan kebencian, tapi prestasi. Saya yakin para santri mampu menunjukkan prestasinya,” tutur Menag.

Hari Santri diperingati sejak tahun 2015, setelah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo. Menag mengingatkan bahwa negara menganugerahkan Hari Santri karena jasa para santri terdahulu. Mereka ikut berjuang, mempertaruhkan nyawa, harta, dan semua yang dimiliki demi kemerdekaan Indonesia.

“Hari Santri adalah pemberian, anugerah, penghargaan dari Pemerintah, Presiden Joko Widodo kepada para santri yang diakui telah memperjuangkan kemerdekaan negeri ini,” pekik Menag diikuti tepuk tangan ribuan santri yang hadir.

“Hari Santri itu pengakuan atas jasa masa lalu. Itu bukan pengakuan atas apa yang kalian lakukan sekarang,” sambungnya.

Untuk itu, Menag mengajak para santri masa kini untuk meneruskan perjuangan pendahulunya dengan belajar secara bersungguh-sungguh.

“Gunakan kesempatan yang ada untuk menempa diri dan mengukir prestasi,” pesannya.

Artikel ini telah diterbitkan oleh Okezone.com dengan judul Luncurkan Peringatan Hari Santri 2022, Menteri Agama: Jawab Kebencian dengan Prestasi.

Editor : M Wali
Bagikan Artikel Ini