get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Mahfudz Akrab di Acara Pernikahan Keluarga PonPes KHAS Kempek Cirebon

Pondok Pesantren Hidayatullah Tuksongo Adakan Pelatihan Jurnalistik untuk Santri

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 14:03 WIB
header img
Pondok Pesantren Hidayatullah adakan pelatihan jurnalistik. Foto: Dwi/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Dalam rangka meningkatkan mutu keorganisasian, ekstrakurikuler jurnalistik hidayatulloh tuk songo mengadakan pelatihan dasar jurnalistik dan musyawarah kerja pada Jum'at (21/10/2022.

Kegiatan yang berlangsung di Pondok Pesantren Hidayatulloh Tuk Songo ini diikuti oleh 40 peserta. Adapun peserta tersebut merupakan peserta didik Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Hidayatulloh Tuk Songo.

Dalam pelatihan jurnalistik yang bertajuk "Berkarya, Berekayasa dan Berteknologi Membangun NKRI" ini hadir beberapa pegiat literasi temanggung, salah satunya Puteri Anggita Dewi peraih Juara 3 pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Madrasah Kemenag 2017 ini membagikan pengalaman menulisnya pada saat duduk di bangku madrasah.

"Pertama kali saya belajar karya tulis adalah saat masih belajar di bangku Aliyah, di mana sekolah saya waktu itu yaitu MAN 2 Kudus mengharuskan semua siswa untuk melakukan riset. Pada awalnya saya hanya mengikuti sebagai penggugur kewajiban saja, tapi akhirnya justru merasa nyaman bahkan memberanikan diri  mengikuti beberapa lomba tingkat daerah hingga Internasional." tutur Anggita ketika membagikan pengalamannya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan  rasa syukurnya, karena dengan karya tulis ia bisa berkontribusi memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Selain berbagi pengalaman semasa madrasah, ia juga menceritakan pengalamannya mengikuti Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Gerakan Rasional Intelektual Perubahan di Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung. Dirinya memperkenalka dunia jurnalistik mulai dari karya serta teknik penulisan.

"Senang sekali bisa berkesempatan ikut organisasi jurnalistik. Selain mengenal dan membuat berbagai produk jurnalistik, saya juga bisa berteman dengan jurnalis muda dari kampus lain." lanjut Anggita.

Selain berorganisasi, ia juga berkesempatan mengikuti berbagai lomba seperti Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) yang diadakan oleh LP Maarif NU Jateng yang mendapatkan hasil juara harapan. 

Sejak di bangku kuliah Anggita juga memiliki beberapa karya di jurnal online seperti Penguatan Literasi melalui Cakrawala Pers di SMK Ma’arif Walisongo Kajoran Magelang yang terbit di Jurnal Asna dan Penanaman Karakter Asma’ul Husna pada Anak Usia Dini di PAUD ELPIST Temanggung yang terbit di IAIN Madura.

Pembinan ekstrakulikuler jurnalistik hidayatullah Caca mengucapkan terimakasih kepada para narasumber yang telah berbagi pengalaman, dirinya berharap kedepan santri-santri ini bisa mengaplikasikan dengan baik ilmu yang di dapat. 

"Terimakasih sudah berkenan berbagi pengalaman menulis dan memotivasi peserta didik  kami. Semoga dengan hal ini anak-anak menjadi lebih semangat lagi dalam berliterasi." pungkas Ustadzah Caca.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut