Profil Soegi Bornean Pencipta Lagu Asmalibrasi, Band Unik dengan Perpaduan Dua Budaya

M Wali
.
Kamis, 29 September 2022 | 10:57 WIB
Grub Band Soegi Bornean pencipta lagu Asmalibrasi, bank unik dengan perpaduan dua budaya. Foto: Ist/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Lagu Asmalibrasi belakangan ini tengah memanjakan telinga dan viral di media sosial. Terlebih di media sosial Tik Tok maupun Instagram

Lagu dengan ciri khas mendayu ini merupakan musik dari karya grub band asal Semarang Jawa Tengah yaitu Soegi Bornean

Dari nama grubnya saja unik ya, tak ayal jika kemudian banyak masyarakat yang ingin tahu lebih dalam mengenai band yang satu ini. Termasuk dengan arti nama, genre musik, hingga profil personil.

Soegi Bornean sendiri sebenarnya diambil dari dua kata, yakni Soegi yang dalam bahasa Jawa dimaknai sebagai Sugih atau Kaya. Sedangkan Bornean, mengambil dari nama pulau di Kalimantan, yakni Borneo.
Hal ini tidak lepas dari kecintaan mereka pada daerah tersebut.

Meski band tersebut lahir di Semarang pada 21 April 2019 lalu, namun pada dasarnya para personil yang terdiri dari Fanny, Damar, dan Aditya ini memang memilih genre folk pop dengan nuansa Jawa-Kalimantan.

Maka banyak perpaduan dari dua budaya tersebut terdengar dalam karya-karya Soegi Bornean seperti Asmalibrasi. 

Perpaduan nuansa Jawa dan Kalimantan tersebut saat mereka bawakan ternyata cukup match. Sehingga mereka pun berkomitmen akan terus membawakannya.

Soegi Bornean sendiri pada pertengahan tahun ini telah melakukan tour pertamanya di delapan kota di Pulau Jawa. Mulai dari Jakarta, Bogor, Bandung, Purwokerto, Jogja, Solo, Surabaya, dan Malang.

Tour tersebut diberi nama seperti nama mini albumnya, yakni Atma Bersua. Atma bermakna jiwa, sedangkan bersua ialah berbicara. Atma Bersua atau jiwa yang berbicara ini memiliki sebuah pengharapan agar apa yang dibuat dapat tersampaikan.

Mini album Atma Bersua sendiri terdiri dari enam lagu, di antaranya Asmalibrasi, Pijaraya, Haribaan, Saturnus, Kala, dan Bait Perindu. Adapun Raksa, Semenjana , dan Samsara merupakan beberapa lagu dari album keduanya.

Album terbaru yang rencananya akan diluncurkan pada akhir 2022 atau awal 2023 ini, terdiri dari sepuluh lagu. Di mana sebenarnya semua sudah siap, hanya tinggal menunggu waktu untuk dirilis.

Adapun berikut ini profil singkat dari para personil Soegi Bornean.

Nama: Febby Soegiarto (Vokalis)
Tempat dan tanggal lahir: 7 september 1999
Agama: Islam
Asal    : Kalimantan

Nama: Aditya Ilyas Saputra (Gitaris)
Tahun Kelahiran: 1998
Asal: Semarang
Agama: Islam

Nama: Bagas Prasetyo (Gitaris)
Asal: Semarang

Editor : M Wali
Bagikan Artikel Ini