get app
inews
Aa
Read Next : Ditemukan Jenazah Suparno di RM Pondok Kopi Kertek, Polisi Temukan Obat ini

Rumah Milik Warga di Wonosobo Menggantung Akibat Longsor

Jum'at, 14 Oktober 2022 | 19:04 WIB
header img
Rumah milik warga di Wonosobo menggantung akibat longsor. Foto: BPBD/iNewsTemanggung.id

WONOSOBO, iNewsTemanggung.id - Hujan yang mengguyur beberapa hari ini membuat talut rumah milik warga di wilayah Wonosobo longsor. Akibat longsor tersebut, terlihat rumah warga menggantung

Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini, Talut yang longsor tersebut terjadi di Desa Pungangan, Kecamatan Mojotengah, Wonosobo. Setidaknya satu rumah warga menggantung akibat talut rumah longsor.

"Satu rumah warga bagian ujung sudah menggantung setelah senderan rumah di Desa Pungangan longsor tadi pagi," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo Bambang Trie Jumat (14/10/2022).

Talut rumah tersebut longsor sedalam lima meter. Akses jalan warga juga tertutup, sehingga para warga kerja bakti untuk membersihkan material longsor. 

"Sempat ada gangguan akses di Jalan Gondang-Mojosari. Tetapi sekarang sudah dikondisikan oleh warga sekitar dan para relawan," terangnya.

Kejadian serupa juga terjadi di Kelurahan Jaraksari, Kecamatan Wonosobo. Salah satu rumah warga menggantung usai talut rumah longsor. Tebing setinggi sekitar enam meter ini longsor pada Jumat dini hari tadi dan terjadi susulan pada pukul 08.30 WIB.

"Di Kelurahan Jaraksari ada satu rumah warga yang belum selesai dibangun, masih dalam proses pembangunan ini menggantung. Karena senderan rumah longsor. Pertama dini hari dan terjadi longsor susulan jam setengah 9 pagi tadi," kata dia.

Kepada korban, BPBD meminta untuk sementara proses pembangunan dihentikan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan.

"Kami sudah mengimbau agar pembangunan rumah sementara dihentikan dulu. Untuk sementara kebutuhan mendesak di dua lokasi ini adalah terpal dan bagor. Untuk antisipasi longsor susulan," tambahnya.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut