get app
inews
Aa Read Next : Bus Pariwisata Terguling di Purworejo, Seorang Pemotor Tewas Tertimpa Badan Bus

Amalan Rahasia Suksesnya Pendiri PO Haryanto, dari Sopir Angkot kini Punya Ribuan Karyawan

Senin, 17 Oktober 2022 | 12:48 WIB
header img
Amalam rahasia dari suksenya pendiri PO Haryanto. Foto: Ist/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Siapa yang tak tahu Bus PO Haryanto, bus ini sudah terkenal se antero jawa dengan melakukan trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). 

PO Haryanto berdiri sejak 2022 didirikan oleh pemiliknya Haji Haryanto. Pria kelahiran Kudus Jawa Tengah tersebut, membangun usahanya usai purnatugas sebagai TNI Angkatan Darat Tangerang. 

Haji Haryanto adalah seorang pekerja keras, sebelum mendirikan PO Bus nya sendiri ia pernah menjadi sopir angkutan kota yang dijalaninya dari subuh hingga sore hari. lambat laun Haji Haryanto memiliki angkot sendiri. 

Beprngalaman sebagai bos angkot, usaha demi usaha ia laluinya, hingga akhirnya Haji Haryanto merambah dari angkot ke angkutan bus. Diawal ia hanya punya lima bus dan terus berkembang hingga puluhan bus, dan sekarang memiliki 300 bus lebih. Sebagai salah satu perusahaan otobus (PO) terbesar, PO Haryanto pun kini memiliki 2.000 karyawan. 

Saat ini perusahaan PO Haryanto dipegang oleh anaknya Rian Mahendra, ia mengungkap, usaha sang ayah tidak instan. Banyak lika-liku yang dilalui. Dia mengatakan sebelum besar seperti sekarang keluarganya sempat jauh dari Tuhan. Ini membuat keluarganya tidak tenteram.

Namun, seiring dengan waktu Haji Haryanto dan keluarga hijrah menjadikan usahanya sebagai ladang ibadah untuk mendapat keberkahan. H Haryanto bahkan menjalankan puasa selama 20 tahun. 

"Ini dilakukan H Haryanto dari 2001 sampai sekarang setiap hari. Bapak puasa terus. Kecuali hari raya Idul Fitri dan hari raya Islam lainnya," kata Rian, dilansir di Channel YouTube Coach Yudi Chandra.

Bahkan, Rian mengaku dirinya juga ikut rajin berpuasa. Dia menilai banyak manfaat dari berpuasa selain untuk kesehatan.

"Saya bisa ngopi dan rokok setelah puasa," katanya, sambil tersenyum.

Dia menegaskan, PO Haryanto berkomitmen menjadikan usahanya sebagai ladang ibadah. Walau kondisi perusahaan naik turun, sejak 2002 H Haryanto tetap menyantuni anak yatim piatu yang jumlahnya kini mencapai 5.361 orang.

Bahkan, setiap tahun mereka memberangkatkan umrah dan naik haji, serta terus membangun masjid. Rian pun menekankan karyawan untuk mengutamakan sholat. Termasuk sopir yang bertugas mengantarkan penumpang. 

"Ada kewajiban untuk sholat. Memang susah tapi kembali ke kita. Kita sebagai pengusaha melihat karyawan sebagai amanah. Kita akan dipertanggungjawabkan di akhirat nanti," ujarnya.  

"Kalau mereka tidak sepersisi, ya keluar. Karena aku kayak gini karena jalan Allah. Kalau membiarkan dosa itu salah," kata Ryan dengan tegas.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut