Pengurus Perbanusa DPD 2 Dilantik, Kelola Ratusan Ton Sampah Demi Wujudkan Temanggung Bersih

Puteri Anggita
.
Senin, 28 November 2022 | 20:01 WIB
Pelantikan Pengurus Perbanusa DPD 2 Temanggung, Foto : Hms/iNewsTemanggung.id

Temanggung, iNewsTemanggung.id - Bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah ranting Kowangan pada Senin (28/11/2022), pelantikan Perbanusa (Pengurus Pengelola Sampah dan Bank Sampah Nusantara) DPD 2 Kabupaten Temanggung periode 2022-2027 dilaksanakan. 

Acara ini dihadiri Kepala DPRKPLH Hendra Sumaryana, Kabid Pengawas SMP Dindikpora Kabupaten Temanggung Wisnu Adi Purnomo, Ketua DPD 1 Perbanusa Jawa Tengah Rahmad Budi Sanjaya, Ketua DPD 2 Perbanusa Temanggung Supardi beserta jajarannya, dan tamu undangan.

Dalam sambutannya Hendra mengatakan  bahwa hampir 800 ribu manusia di Kabupaten Temanggung rata-rata memproduksi sampah 0,6 kg per hari. Itu berarti dalam sehari ada sekitar 500 ton sampah di Temanggung, yang masuk ke TPA rata-rata 130 ton termasuk juga sampah dari pabrik.

"Artinya ada 300 ton antah berantah, bisa saja di belakang rumah kita, bisa saja ada di sungai, bisa saja ada di sembarang tempat. Dalam konteks pelantikan Perbanusa, maka ini adalah momentum tepat memanfaatkan 300 ton sampah yang belum masuk TPA ini. Mari kita bersinergi bersama-sama tentang pengelolaan sampah ini, pemerintah tidak bisa menyelesaikan sendiri, terutama pemberdayaan masyarakat dan langkah nyata," ungkapnya.


Ucapan selamat dan sukses diucapkan Hendra Sumaryana kepada pengurus DPD 2 Perbanusa Kabupaten Temanggung, menurutnya seremonial ini merupakan tiket untuk kemuliaan di dunia dan akhirat karena mereka dilantik untuk mengurus kebersihan dan persampahan.

"Ini menjadi awal perjuangan kita yang lebih baik lagi, para tokoh yang dilantik ini harus menjadi kekuatan yang lebih besar lagi bagi pengelolaan lingkungan di Kabupaten Temanggung," katanya.

Rahmad Budi Santosa menuturkan, DPD 2 Kabupaten Temanggung ini merupakan anak pertama DPD 1 Perbanusa Jawa Tengah, yang memiliki cita-cita besar dalam pengelolaan sampah.

"Kami akan bekerja sama dan menjadi pelengkap penggiat sampah di Kabupaten Temanggung. Setiap kota/kabupaten punya masalah yang sama dengan sampah, maka kita harus mengatur sampah ini. Perbanusa ingin berproses dan melengkapi bersama penggiat sampah yang sudah lebih dahulu," pungkasnya.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News

Bagikan Artikel Ini