get app
inews
Aa Read Next : Cuaca Ekstrem, 2 Pemuda di Pati Eksperimen Goreng Krupuk di Bawah Terik Matahari

Cuaca Ekstrem, 5 TPA di Jawa Tengah Mengalami Kebakaran

Selasa, 19 September 2023 | 21:32 WIB
header img
Sejumlah TPA di Jateng alami kebakaran akibat cuaca ekstrem. Foto: Iys/iNewsTemanggung.id

SEMARANG, iNewsTemanggung.id - Sejumlah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Jawa Tengah (Jateng) dilanda kebakaran saat musim kemarau tahun ini.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau instansi terkait untuk membasahi tumpukan sampah di beberapa TPA  tersebut.

Hal itu diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD Jawa Tengah Bergas Catursasi Penanggungan saat meninjau proses pemadaman  di TPA Putri Cempo Solo, Selasa (19/9/2023).

Adapun 5 TPA yang mengalami kebakaran yakni TPA Pesalakan (1 September), TPA Penujah, Kabupaten Tegal (2 September), TPA Muarareja Kota Tegal (2 September), TPA Putri Cempo Solo (16 September), dan TPA Jati BarangSemarang (18 September).

”Kami mengimbau melalui BPBD Kota dan DLHnya yang mengurusi ini untuk terus dilakukan pembasahan agar tidak terjadi kebakaran seperti ini,” ujar Bergas.

Cuaca ekstrem yang terjadi di Jawa Tengah selama sebulan terakhir diperkirakan menjadi faktor utama penyebab kebakaran di tempat pembuangan akhir sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solo Kristiana Hariyanti mengungkapkan bahwa pihaknya sepakat jika kebakaran yang terjadi di sejumlah wilayah di Jateng diakibatkan fenomena cuaca ekstrem.

“Cuaca yang ekstrem sekali itu bisa menjadi salah satu penyebab kebakaran. Mungkin kalau Solo saja, saya mengkajinya beda. Karena hampir semua,” tutupnya.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut