get app
inews
Aa Read Next : Hasil Sementara Final Piala Dunia Argentina vs Prancis 2-0

5 Alasan Argentina Terancam Gagal ke Final Lawan Kroasia, ini Sebabnya

Selasa, 13 Desember 2022 | 19:07 WIB
header img
Argentina vs Kroasia

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Argentina bakal melakoni laga di semi final Piala Dunia 2022 melawan Kroasia pada malam ini pukul 02.00 Rabu, (14/12/2022).

Namun perlu diperhatikan seksama bahwa ada beberapa penyebab Timnas Argentina terancam lolos ke final. 

Argentina sejatinya difavoritkan memenangkan laga ini. Namun, sejumlah faktor bisa membuat langkah armada Lionel Scaloni akhirnya gagal ke final. Apa saja? Berikut 5 penyebab Timnas Argentina terancam gagal lolos ke final Piala Dunia 2022.

1. Kroasia Tampil Bagus di Piala Dunia 2022

Penampilan Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022 ini memang terbilang ciamik. Hal ini dapat menjadi ancaman bagi Argentia di laga duel semi final. 

Bahkan, Luka Modric cs sudah menyingkirkan sejumlah negara favorit juara di Piala Dunia 2022 ini.

Salah satu tim yang merasakan keganasan Kroasia adalah Brasil. Mereka harus mengubur impian melangkah jauh di Piala Dunia 2022 karena dibungkan Kroasia di babak perempatfinal Piala Dunia 2022 lewat drama adu penalti. Laga berakhir dnegan skor 3-1 untuk kemenangan Kroasia kala itu.

Dengan kondisi ini, Argentina bisa saja merasakan nasib sama seperti Brasil atau Jepang yang sudah disingkirkan Kroasia. Sebab, mereka tentu bertekad kembali melangkah ke babak final Piala Dunia.

2. Pertahanan Argentina Keropos

Salah satu alasan Timnas Argentina bisa saja tersingkir di semifinal Piala Dunia 2022 lantaran kondisi skuadnya. Armada Lionel Scaloni dinilai punya pertahanan yang keropos.

Hal itu terbukti dari sudah banyaknya Argentina kebobolan di Piala Dunia 2022. Dari 5 laga yang sudah dilakoni Argentina di Piala Dunia 2022, mereka sudah kebobolan 5 gol!

Jumlah kebobolan Argentina beda jauh dengan Kroasia. Mereka baru kebobolan 3 gol dari 5 laga yang dilakoni di Piala Dunia 2022 ini. Rapuhnya lini pertahanan Argentina ini tentu saja perlu segera diperbaiki Lionel Scaloni, kalau tidak mereka bisa saja jadi bulan-bulanan Kroasia hingga akhirnya gagal menembus final.

3.  Tangguhnya Kroasia jika Harus Adu Penalti

Alasan berikutnya adalah Kroasia bukan lawan yang mudah dihadapi Argentina, apalagi jika harus beradu penalti. Ya, tangguhnya kiper Kroasia sudah jadi sorotan selama penyelenggaraan Piala Dunia 2022 ini.

Sejauh ini, Kroasia sudah dua kali menghadapi drama adu penalti. Hal itu terjadi di babak 16 besar melawan Jepang dan juga perempatfinal melawan Brasil. Hasilnya, Kroasia selalu memenangkan drama adu penalti itu.

Melawan Jepang, kiper Kroasia, Dominik Livakovic, berhasil menggagalkan tiga tendangan sekaligus! Alhasil, Kroasia menang dengan skor 3-1 dan berhasil melenggang ke perempatfinal.

Lalu, di babak perempatfinal, Dominik Livakovic kembali menunjukkan kegarangannya dalam mengawal gawang Kroasia. Dalam drama adu penalti, ada dua tendangan Brasil yang gagal masuk ke gawang Dominik Livakovic. Alhasil, mereka menang dengan skor 2-4 dan kini melenggang ke semifinal.

Tentunya, Argentina perlu waspada dengan ketangguhan Kroasia kala beradu penalti ini. Meski sejatinya, Argentina juga sukses memenangkan adu penalti di Piala Dunia 2022 sejauh ini. Hal itu terjadi kala melawan Belanda di babak perempatfinal. Mereka menang dengan skor 4-3.

4. Bergantung pada Lionel Messi

Alasan lainnya, Argentina terlalu bergantung kepada Lionel Messi. Kondisi ini bisa jadi momok tersendiri bagi mereka jika pergerakan Messi benar-benar mampu dibendung Kroasia.

Messi memang jadi andalan Argentina di Piala Dunia 2022. Terbukti, La Pulga -julukan Lionel Messi- selalu dimainkan oleh Scaloni di 5 laga Timnas Argentina sejauh ini di Piala Dunia 2022. Dia bahkan selalu bermain penuh sejak awal laga.

Kalau pergerakan Messi benar-benar dimatikan Kroasia di laga semifinal nanti malam, permainan Argentina pun bisa jadi sulit berkembang. Dengan begitu, kans memenangkan laga bisa terancam. Tak ayal, Scaloni perlu waspada dengan kondisi itu.

5. Pengalaman Pahit Argentina Bertemu Kroasia

Terakhir, penyebab Timnas Argentina terancam gagal lolos ke final Piala Dunia 2022 adalah pengalaman pahit bersua Kroasia. Ini jadi salah satu faktor paling krusial.

Ya, Timnas Argentina harus menelan pil pahit kala bersua Kroasia di Piala Dunia edisi sebelumnya, yakni pada 2018. Kala itu, La Albiceleste –julukan Argentina– kalah 0-3 dari Kroasia di matchday kedua Grup D Piala Dunia 2018.

Kekalahan itu yang pada akhirnya memaksa Lionel Messi cs lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018 sebagai runner-up Grup D. Finis sebagai runner-up membuat Argentina dihadang Prancis di 16 besar Piala Dunia 2018.

Tak ayal, pengalaman pahit ini membuat Argentina lebih waspada melawan Kroasia di Piala Dunia 2022 ini. Meski punya ambisi untuk balas dendam, Lionel Messi cs tetap dirundung rasa waswas karena khawatir menelan nasib sama kembali.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut