get app
inews
Aa Read Next : Jejak Kontroversi Shen Yinhao, Wasit Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan

Sederet Keunikan Bus di Indonesia yang Tak Ada di Luar Negeri

Selasa, 27 Desember 2022 | 10:14 WIB
header img
Keunikan Bus di Indonesia. Foto: Okezone/iNewsTemanggung.id

3. Lampu LED dan Stobo

Jika anda melintas dipinggir jalan pada malam hari, jangan kaget jikalau melihat banyaknya cahaya yang terpancar dari lampu LED di depan bus. 

Selain berfungsi sebagai penerangan, lampu LED berfungsi untuk memberikan daya tarik tersendiri bagi sebuah bus. Aksesori ini hanya bisa ditemui di Indonesia.

4. Bumper belakang bus

Bukan hanya truk yang biasanya terdapat kailmat atau kata-kata di belakang bampernya. Ternyata hal tersebut juga digunakan oleh beberapa bus di Indonesia.

Pada bumper bus tersebut bertuliskan kata-kata lucu atau nasihat penuh makna. Hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri atau ciri khas bus Indonesia.

5. Tameng Kaca

Aksesori ini biasa ditemui pada bus yang beroperasi di rute-rute Sumatera. PO bus di Sumatera memasang tameng di depan kaca untuk mengamankan kaca dari lemparan batu.

Di sepanjang rute Sumatera banyak anak-anak nakal yang suka melempar batu dari pinggir jalan. Kerusakan kaca bus akibat lemparan batu membuat PO bus kewalahan. Karena, harga kaca bus relatif mahal.

Bagaimana unik kan aksesoris bus dan fasilitasnya yag ada di Indonesia. Jikalau anda berkunjung keluar negeri tidak ada bus yang seunik di Indonesia. 

Artikel ini telah diterbitkan oleh Okezone.com dengan judul '7 Aksesori yang Identik dengan Bus di Indonesia, Negara Lain Tak Punya'

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut