get app
inews
Aa Read Next : 104 Bencana Terjadi di Jawa Tengah Tahun 2024, Turun Dibanding 2023 pada Periode yang Sama

Berikut Tips dari PLN Terkait Penanganan Bahaya Listrik saat Banjir 

Senin, 02 Januari 2023 | 14:01 WIB
header img
Petugas PLN sedang memperbaiki instalasi listrik. Foto: Okezone/iNewsTemanggung.id

SEMARANG, iNewsTemanggung.id - Adanya korban sengatan listrik yang menimpa warga di Kecamatan Genuk, Semarang masyarakat diimbau agar lebih waspada bahaya listrik ditengah terjadinya banjir akhir ini. 

Elpis Sinambela  Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Semarang (UP3) PLN mengatakan, ada beberapa tips keamanan kelistrikan yang bisa dilakukan masyarakat saat kondisi banjir.

Pertama, masyarakat atau pelanggan bisa segera mematikan instalasi listrik di dalam rumah. Selain itu juga segera mencabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak, serta menaikkan peralatan elektronik ke tempat yang lebih tinggi dan aman.

Lanjut Elpis, jika aliran listrik yang terkena banjir tidak padam, maka pelanggan bisa segera menghubungi PLN dan juga segera menghubungi instansi terkait penanggulangan bencana yaitu BPBD.

"Jika terdapat laporan terjadi banjir yang merendam gardu distribusi serta rumah warga, maka PLN akan segera melakukan pemadaman listrik untuk keamanan," paparnya.

PLN mengimbau masyarakat untuk sigap melaporkan ke Kantor PLN terdekat atau contact center 123 jika menghadapi kondisi pasang air banjir. PLN pun secara sigap terus memantau dan mengamankan kondisi kelistrikan di titik-titik bencana saat banjir terjadi.

"Sudah ada 43 gardu PLN yang dipadamkan untuk keamanan masyarakat di kawasan Semarang Utara dan PLN pun terus mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan lapor PLN jika air meninggi dan menyebabkan genangan di lingkungannya," katanya.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut