get app
inews
Aa Read Next : 5 Alasan Mendaki Gunung Sumbing Melalui Jalur Banaran Temanggung

Dibangun Pemprov Ditahun 2021, Jalan Alternatif Ngadirejo-Kedu Dinilai Mampu Dongkrak Ekonomi Warga

Selasa, 14 Februari 2023 | 20:48 WIB
header img
Jalan alternatif Ngadirejo-Kedu. Foto: HMS/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Jalan alternatif Ngadirejo-Kedu di Kabupaten Temanggung kini ramai pengguna jalan. Kondisi ini dinilai dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membangun jalan sepanjang 5,5 km.

Tak hanya diaspal, jalan alternatif juga diperlebar. Dari 4 meter hingga 6 meter. Total anggaran untuk pembangunan jalan Rp 15 miliar.

Dengan kondisi jalan yang mulus dan lebar, pengguna jalan pun merasa aman dan nyaman saat menyeberang.

Seperti sopir kargo ini, Saruno mengatakan jalur alternatif yang melewati Desa Gedungsari sangat bagus. Dia tidak lagi ragu-ragu ketika melewati jalan ini.

”Saya sopir truk bawa kayu dari Jumo ke Wonosobo, biasanya setengah bulan tiga kali lewat sini. Jalannya bagus,” ujar Sarwono, Senin (13/2/2023).

Dia membandingkan, sebelum diperbaiki, jalan banyak lubang dan sempit. ”Sekarang, perempatan Temanggung sampai Kedu sudah bagus dan lebar. Sudah enak tidak khawatir mogok. Ya aman dan nyaman,” jelas Sarwono.

Di samping pengguna jalan, masyarakat sekitar juga mengaku, pembangunan jalan oleh Ganjar pada 2021 itu benar-benar membawa berkah.

”Dulu kondisi jalan sepi. Tapi dengan adanya pelebaran ini sangat bermanfaat, terutama pengguna jalan,” tutur perangkat Desa Gedongsari, Kecamatan Jumo, Amin Surati.

Warga setempat yang memiliki usaha juga mendapat manfaat dari perbaikan dan pelebaran jalan. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian mereka.

”Dari Ngadirejo sampai Kedu, banyak warga yang buka usaha. Jadi sangat membantu ekonomi masyarakat,” ujar Amin Surati.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut