get app
inews
Aa Read Next : Persiapan Arus Mudik, Polda Jateng Minta PLN Tambah SPKL di Tol Trans Jawa

Ini Keterangan Kapolri Penyebab Kebakaran Depot Pertamina Plumpang

Minggu, 05 Maret 2023 | 13:04 WIB
header img
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memimpin investigasi kebakaran depot pertamina plumpang. Foto: Ant/iNewsTemanggung.id

JAKARTA, iNewsTemanggung.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan tim investigasi gabungan akan menyelidiki penyebab kebakaran gudang Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

"Kami dengan tim Pak Kapolda, Kabareskrim Polri, dan tim gabungan investigasi didampingi rekan-rekan Pertamina melakukan pengecekan awal di TKP," kata Sigit dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu, (5/3/2023). 

Dari tinjauan awal dan laporan yang diterimanya, Sigit mengungkapkan peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 20.00 WIB.

Awalnya, kata Sigit, di lokasi itu mereka mengisi bahan bakar minyak Pertamax yang dikirim dari Balongan.

Saat pengepakan, menurut Sigit dari informasi awal yang diterimanya, terjadi masalah teknis yang mengakibatkan tekanan berlebih.

Kemudian terjadi kebakaran. Namun, tim investigasi gabungan akan terus melakukan penyelidikan mendalam terhadap sumber awal penembakan di lokasi kejadian.

"Tentunya untuk mencari tahu sumber api dari mana, ini sedang dilakukan pendalaman oleh tim," ujar Sigit.

Sigit menyatakan tim investigasi gabungan melakukan pendalaman dengan meminta keterangan beberapa saksi hingga memeriksa CCTV.

Dengan dilakukannya pendalaman secara komprehensif, kata Sigit, tim investigasi gabungan akan melakukan proses pembuktian dengan "scientific crime investigation" (SCI).

"Saat ini, kami sedang kumpulkan saksi, CCTV, kemudian hal-hal yang kita perlukan sifatnya teknis sehingga nanti bisa kita jelaskan secara "scientific crime investigation' tentang peristiwa yang sebenarnya. Khususnya terkait sumber api yang mengakibatkan terjadinya kebakaran," pungkas Sigit.

 

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut