get app
inews
Aa Read Next : 5 Alasan Mendaki Gunung Sumbing Melalui Jalur Banaran Temanggung

Gandeng Dinkes, Tim USAID IUWASH Tangguh Gelar Pelatihan Pengkajian Partisipasif

Rabu, 10 Mei 2023 | 14:20 WIB
header img
Tim USAID UWAISH dan Dinkes Temanggung mensosialisasikan air air bersih. Foto: hms/iNewsTemanggung

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id
Berlangsung di Aliyana Hotel Temanggung, tim dari USAID IUWASH Tangguh gelar Pelatihan Pengkajian Partisipatif dan Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Perkotaan. 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan air minum aman dan sanitasi higiene bagi masyarakat. 

Dalam pelaksanaannya, tim SAID IUWASH Tangguh berkolaborasi dengan pemerintah setempat, dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung.

Adapun peserta pelatihan merupakan perwakilan dari tokoh masyarakat, TP PKK dan sanitarian dari 2 desa yang menjadi lokasi intervensi program USAID IUWASH Tangguh di Kabupaten Temanggung, yaitu Desa Rowo, Kecamatan Kandangan dan Desa Pendowo, Kecamatan Kranggan.

Acara pelatihan sendiri akan berlangsung selama 2 hari, mulai Selasa, (09/05/2033) Sampai Rabu, (10/05/2023). 

Ketua Tim Kerja Penyehatan Lingkungan,  Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Sugiharti membuka pelatihan tersebut. 

Dalam sambutannya, Sugiharti menyampaikan rasa terimakasih kepada tim USAID UWAISH, yang berkenan menjalin kerjasama dengan pemerintah.

“Terima kasih kepada tim USAID IUWASH Tangguh atas programnya yang bersinergi dengan program Pemerintah Kabupaten Temanggung untuk mewujudkan akses air minum aman dan sanitasi higiene,” ungkap Sugiharti.

Selanjutnya, Sugiharti berharap, melalui kegiatan tersebut para peserta mampu menjadi ujung tombak perubahan, dan menjadi media dari USAID IUWASH Tangguh dan Dinkes untuk melakukan kegiatan promosi kesehatan. 

"Setelah acara ini saya berharap, panjenengan bisa rutin menggelar kegiatan pemicuan dan melakukan edukasi kepada masyarakat di lingkungan masing-masing untuk mau merubah perilaku lebih higienis, lebih saniter dan lebih sehat, " pungkas Sugiharti. 

Di hari pertama, para peserta diberi pemahaman tentang sistem sanitasi yang aman, serta sistem penyediaan air minum dari fasilitator tim USAID IUWASH Tangguh.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut