get app
inews
Aa Read Next : Kabar Gembira! Alokasi Pupuk Bersubsidi di Temanggung Ditambah

Gebyar Muharram Tahun Baru Islam, AMK Jateng Gelar Festival Al Banjari

Rabu, 19 Juli 2023 | 21:17 WIB
header img
Ketua AMK Jateng memberikan sambutan pada acara Festival Al-Banjari di PonPes Mu'allimin Temanggung. Foto: M Wali/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Anak Muda Kreatif (AMK) Jawa Tengah menggelar Festival Al Banjari dalam rangka peringatan gebyar Muharram tahun baru hijriah 1445 H pada Rabu, 19/7/2023 di halaman PonPes Mu'allimin Temanggung. 

Festival Albanjari AMK Jateng diikuti puluhan peserta dari berbagai kelompok yang berasal dari berbagai Kab/Kota se-Jateng.

Gus Faiz Syauqi selaku penyelenggara sekaligus Ketua Komunitas Al Banjari Jawa Tengah menyampaikan apresiasinya kepada AMK dibawah pimpinan Muhamad Ngainirrichadl.

"Terimakasih kepada Anak Muda Kreatif Jawa Tengah telahmenyelenggarakan kegiatan ini bekerja sama dengan Pondok Pesantren Mu'allimin Jampirejo Temanggung," ujarnya.

Sementara itu, pengasuh Pondok Pesantren Mu'allimin Temanggung Muhamad Syakur dalam dalam sambutannya mengingatkan bahwa niat sholawat itu ikut perintahnya Allah. "Sedangkan dalam makna majas itu memuji nabi," kata kiai Syakur. 

Menurutnya, hakikat sholawat adalah  bertabarukan pada Nabi Muhammad SAW

"Hakikatnya tidak bahkan kita tabaruk kepada nabi Muhammad SAW," lanjutnya.

Terakhir Ketua AMK Jateng Muhamad Ngainirrichadl mengatakan, disaat zaman yang semakin modern seperti ini, dimana ada generasi milenial yang masih mau menguri-nguri budaya seni tradisional hadrah sholawat seperti Al Banjari ini. 

"Saya yakin 15 tahun kedepan Indonesia akan aman. Karena pemimpin negeri ini akan dilanjutkan oleh para generasi milenial," pungkasnya.

Festival Al Banjari AMK dibuka dengan seremonial menggunakan pukulan terbang yang ditabuh oleh dewan juri beserta dewan pengasuh dan tamu undangan.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut