get app
inews
Aa Read Next : 5 Alasan Mendaki Gunung Sumbing Melalui Jalur Banaran Temanggung

DKA untuk Perikanan di Temanggung Peroleh Rp2,5 Miliar, Dikhususkan untuk Sarpras

Minggu, 08 Oktober 2023 | 19:44 WIB
header img
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Temanggung Nunung Nur Chayati. Foto: An/iNewsTemangung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mendapat dana alokasi khusus tahun 2023 senilai Rp 2,5 miliar untuk meningkatkan produktivitas perikanan.

"Dana pertama untuk bantuan sarana prasarana (Sarpras)," kata Kepala Bidang Perikanan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Temanggung, Nunung Nur Chayati di Temanggung, Minggu, (8/10/2023).

Kemudian untuk infrastruktur pengolahan melalui operasional unit pengolahan ikan (IPI), dan ketiga untuk infrastruktur perikanan.

Ia mengatakan, sarana prasarana perikanan telah diberikan kepada 20 kelompok yang mewakili 20 kecamatan.

"Penerima bantuan itu berdasarkan pengajuan dari para penyuluh terhadap kelompok-kelompok binaannya yang menjadi unggulan di setiap kecamatan," katanya.

Selanjutnya sarana prasarana operasional unit pengolahan ikan diterima oleh dua kelompok yang masing-masing menerima Rp 200 juta dan Rp 300 juta.

Menurut dia, untuk kegiatan yang didanai insentif pemerintah, dipilih perwakilan dari masing-masing sub daerah untuk menerima bantuan DAK berupa prasarana budidaya perikanan yang terdiri dari pakan ikan, bibit ikan, dan peralatan perikanan.

"Bantuan pemerintah itu lebih tepat diberikan kepada champion dari kelompok, sehingga kelompok lain di desa itu bisa mengikutinya, karena sering kali ketika ada inovasi budi daya atau ada sistem yang baru itu banyak masyarakat ragu-ragu kalau belum ada yang memberi contoh," paparnya. 

Ia berharap bantuan ini dapat menambah semangat kelompok perikanan Temanggung untuk meningkatkan produktivitas, guna menunjang perekonomian masyarakat.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut