get app
inews
Aa Read Next : Survei LKPI: Sudaryono dan Hendrar Prihadi Diprediksi Bersaing Ketat dalam Pilkada Jateng 2024

Polisi Ungkap Komplotan 'Lengek Squad' Penjual Mobil Ilegal di Jawa Tengah

Kamis, 11 Januari 2024 | 15:04 WIB
header img
Kapolda Jateng Irjen Pol.Ahmad Luthfi mengecek mobil yang diamankan dari para penadah asal Pati di Mapolda Jateng di Semarang. Foto: Ist/iNewsTemanggung.id

SEMARANG, iNewsTemanggung.id - Kepolisian Jawa Tengah berhasil mengungkap keberadaan sebuah kelompok penjual mobil ilegal yang tergabung dalam komunitas "Lengek Squad" di Kabupaten Pati.

Irjen Pol. Ahmad Luthfi, Kapolda Jawa Tengah, mengungkapkan pada konferensi pers di Semarang pada hari Selasa, (9/1/2024) bahwa mobil-mobil yang dijual oleh kelompok ini merupakan hasil dari tindak pidana fidusia.

Dalam operasi ini, lima tersangka berhasil ditangkap, dan sejumlah mobil dari berbagai merek yang terlibat dalam kejahatan ini juga berhasil diamankan oleh polisi.

Irjen Pol. Ahmad Luthfi menjelaskan bahwa modus operandi para pelaku melibatkan pembelian mobil dengan jaminan fidusia yang belum melunasi pembayarannya.

Selanjutnya, mobil-mobil tersebut dijual kembali dengan harga di bawah nilai pasar tanpa dilengkapi dokumen legal yang lengkap.

"Para pelaku ini membeli mobil-mobil di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, kemudian di kumpulkan di Pati," katanya.

Komunitas "Lengek Squad" sendiri memiliki sekitar 30 anggota aktif. Mereka telah terlibat dalam tindak pidana sejak tahun 2017.

Para tersangka dihadapkan pada dakwaan sesuai Pasal 481 dan/atau 480 KUHP yang berkaitan dengan perbuatan penadah barang curian.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut