get app
inews
Aa Read Next : 5 Alasan Mendaki Gunung Sumbing Melalui Jalur Banaran Temanggung

Cegah Radikalisme dan Konflik Sosial, Kemensos Gelar Program Perkuat Kearifan Lokal di Temanggung

Kamis, 25 Januari 2024 | 16:14 WIB
header img
Grub rebana karang taruna sabrang Parakan menerima program bantuan penguatan kearifan lokal. Foto: Fd/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Dalam rangka pencegahan penyebaran paham radikalisme dan konflik sosial di tengah masyarakat, Kementerian Sosial adakan Program Penguatan Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Ekonomi masyarakat kepada Karang Taruna Taruna Sabrang Desa Mranggen Kidul Parakan Temanggung pada Kamis, (25/1/2024). 

Program ini bertujuan untuk memberdayakan komunitas lokal, khususnya yang berfokus pada seni tradisional dan komunitas produksi kopi.

Sumbul selaku Ketua Karang Taruna Sabrang mengatakan, Kearifan lokal merupakan bagian tak terpisahkan dari identitas budaya bangsa untuk itu semoga program ini dapay menjadi semangat untuk kesejahteraan warisan budaya bangsa. 

"Melalui bantuan ini, kami mengungkapan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada kementrian sosial karena dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan melestarikan warisan budaya yang berharga," ungkapnya. 

Selain itu, Kementerian Sosial juga membantu mesin roasting yang ditujukan untuk membantu para petani kopi lokal salah satunya di Temanggung agar dapat meningkatkan kualitas dan nilai jual produk mereka.

Program ini mendapat sambutan positif dari berbagai pihak, termasuk komunitas seni dan para pelaku usaha kopi lokal.

Para penerima bantuan mengungkapkan rasa terima kasih mereka dan berharap agar program semacam ini dapat terus berlanjut untuk mendukung pengembangan kearifan lokal di seluruh Indonesia.

"Semoga program ini diharapkan dapat menjadi contoh positif dalam memadukan pembangunan sosial dan pelestarian warisan budaya di tanah air," pungkas Umbul. 

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut