get app
inews
Aa Read Next : Kabar Gembira! Alokasi Pupuk Bersubsidi di Temanggung Ditambah

Hardiknas 2024, Puluhan Sekolah di Temanggung ikuti Festival Seni dan Gelar Karya Pendidikan

Kamis, 02 Mei 2024 | 15:47 WIB
header img
Festival Seni dan Gelar Karya Pendidikan Temanggung. Foto: AN/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Peringati Hari Pendidikan Nasional, sebanyak 94 sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, turut serta dalam festival seni dan pameran karya pendidikan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Temanggung.

Kepala Dindikpora Kabupaten Temanggung, Agus Sujarwo, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi siswa dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Festival seni dan pameran karya ini berlangsung di Halaman Gedung Pemuda Kabupaten Temanggung mulai tanggal 2 hingga 4 Mei 2024.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap hasil karya siswa yang sebelumnya telah dipamerkan di tingkat sekolah, dan kini dipamerkan kembali agar dapat dilihat langsung oleh sekolah lain.

"Dengan apresiasi ini maka muncul kreativitas inovasi yang lebih dari anak-anak kita, tidak hanya sekadar mereka pintar di dalam kelas tetapi berkembang keilmuannya di luar sekolah," paparnya. 

Ia berharap bahwa kreativitas para siswa ini akan menjadi modal bagi mereka di masa depan setelah mereka lulus dari sekolah.

Penjabat Bupati Temanggung, Hary Agung Prabowo, melihat langkah ini sebagai upaya untuk meningkatkan kreativitas para siswa, terutama dalam mengikuti Kurikulum Merdeka.

"Dimana ajang ini semakin memotivasi siswa untuk berkarya dan belajar dari sekolah lain sebagai bahan referensi sehingga ke depan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Temanggung," katanya.

Di sisi lain, gelar karya ini merupakan langkah positif untuk membangun karakter siswa karena tujuan dari Kurikulum Merdeka di antaranya untuk mengembangkan kreativitas siswa.

"Saya pikir tadi anak-anak main atau bersekolah saja tetapi ternyata memang mereka punya kreativitas yang luar biasa sehingga dengan bimbingan gurunya dalam mengembangkan ilmunya nanti ke depan menjadi anak-anak yang cerdas," pungkasnya.

 

Editor : M Wali

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut