get app
inews
Aa Read Next : Panca Dewi, Seorang Guru TK Pilih Angkot Langganan untuk Hadiri Pelantikan DPRD Temanggung

Kelompok Tani di Temanggung Rasakan Program Food Estate

Kamis, 01 Agustus 2024 | 11:31 WIB
header img
Deputi III Kantor Staf Presiden, Edy Priyono (kiri) mengunjungi salah satu gudang bawang putih di Desa Balesari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung. Foto: An/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.idKelompok Tani Arga Pranjaya di Desa Balesari, Kabupaten Temanggung, mengungkapkan manfaat besar dari program food estate yang dilaksanakan pemerintah.

Ketua Kelompok Tani Arga Pranjaya, Bansari Siswanto, menyatakan Program food estate dari segi petani manfaatnya luar biasa.

"Karena di situ kami bisa disambungkan dengan beberapa offtaker, beberapa perusahaan yang bisa membeli hasil produksi pertanian kami,"ungkapnya. 

Di depan Edy Priyono, Deputi III (bidang perekonomian) Kantor Staf Presiden saat kunjungan pada hari Selasa, (30/7/2024) Ia melaporkan bahwa di Kecamatan Bansari, food estate dikembangkan di lahan sekitar 300 hektare dengan tiga komoditas utama: bawang putih, bawang merah, dan cabai.

Bansari menambahkan bahwa meskipun petani di Kecamatan Bansari sudah berpengalaman dan mengetahui teknik budidaya, mereka sangat membutuhkan solusi untuk pemasaran hasil produksi mereka, yang akhirnya terjawab melalui program food estate.

"Hal itu yang kami dapatkan dari food estate, kami katakan berhasil karena kami sudah disambungkan beberapa perusahaan atau offtaker yang membeli produk kami. Sampai sekarang masih jalan," ujar Bansari.

Deputi III Kantor Staf Presiden, Edy Priyono, mengungkapkan harapan Presiden agar program food estate terus berlanjut. Ia menjelaskan bahwa food estate di Temanggung memiliki perbedaan dibandingkan tempat lain, di mana lahan yang digunakan sudah ada sebelumnya, bukan lahan baru. 

"Program food estate di Temanggung ini bentuknya adalah pemberian bantuan atau fasilitas kepada para petani dan yang namanya bantuan kita harapkan semakin lama para petani semakin mandiri," kata Edy Priyono.

Edy Priyono juga menambahkan bahwa beberapa fasilitas telah diberikan, termasuk green house atau rumah kaca, yang membantu tanaman tumbuh lebih baik.

"Tugas dari Kantor Staf Presiden ini memastikan bahwa prioritas-prioritas dari Presiden ini bisa berjalan dengan baik. Dan kita tidak ingin food estate ini berhenti di tengah jalan," tegasnya.

Editor : Redaksi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut