get app
inews
Aa
Read Next : Video Tawuran Antar Suporter di Kejajar Wonosobo Viral, Rusak Lahan Pertanian Warga

Tunjang Latihan Kelompok Seni, Pemdes Purbosari Bangun Pendopo

Senin, 05 September 2022 | 12:47 WIB
header img
Bangunan pendopo baru di Liyangan, Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. Foto: Ist/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Untuk menunjang latihan kesenian, Pemerintah Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung membangun tempat mirip pendopo.

Desa membangun sebuah pendopo atau rest area tepat di samping jalan, sekitar 500 meter sebelum Situs Liyangan.

Kepala Desa Purbosari Pujiono menuturkan, pada 2021 Pemerintah Desa Purbosari mendapatkan alokasi anggaran dari Pemerintah Provinsi Jateng untuk dukungan pariwisata.

Pembangunan pendopo sekaligus rumah di belakang pendopo menghabiskan anggaran sebanyak Rp 500 juta dari pemerintah provinsi. Sementara parkir dan akses masuk menghabiskan Rp 40 juta dari anggaran desa.

“Harapan kami, nantinya pendopo tersebut akan digunakan untuk parkir dan tempat istirahat wisatawan. Selain itu, masyarakat juga akan menggunakannya untuk berbagai macam kegiatan, seperti latihan kesenian jaran kepang dan lainnya,” tuturnya Senin (5/9/2022).

Di Desa Purbosari terdapat berbagai kesenian. Di antaranya, jaran kepang, sandi suara, tari seni lengger, dayakan atau lebih populernya topeng ireng, dan lainnya. Ke depan, kegiatan kesenian akan disinkronkan dengan pemerintah desa. Apabila ada tamu, grup seni akan tampil sebagai sambutan dan menghibur wisatawan.

Pihaknya juga mempersilakan grup seni yang ada di desa untuk berlatih di pendopo tersebut. Sebab, tempat tersebut adalah fasilitas untuk warga.

“Akses masuk ke Situs Liyangan sudah padat penduduk, sehingga dibuatlah pendopo tersebut. Sebab, untuk pelebaran jalan sudah tidak dimungkinkan. Pendopo tersebut belum diresmikan, karena masih menunggu tempat parkir selesai,” pungkasnya.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut