get app
inews
Aa Read Next : Peringatan Harlah ke-74 Fatayat NU Temanggung, ini Harapan Pj Bupati

Akper Al Kautsar NU Temanggung Bekali Mahasiswa Baru Pendidikan Aswaja An Nahdliyah

Selasa, 06 September 2022 | 19:27 WIB
header img
Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) pada Selasa, (6/9/2022) di Aula Babussalam. Foto: Ist/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Akademi Keperawatan (Akper) Al-Kautsar gelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) pada Selasa, (6/9/2022) di Aula Babussalam. 

Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Islam Nahdlatul Ulama' (YAPTINU) Temanggung Nur Makhsun menyebut, setelah dialih kelola oleh YAPTINU jumlah peningkatan mahasiswa Akper mengalami peningkatan drastis. 

"Pada tahun akademik 2022/2023 ini berhasil sudah ada 43 mahasiswa yang diterima, dan dua tahun terahir ada 94 mahasiswa", katanya. 

Lanjut Makhsun, Kegiatan PKKMB ini juga akan dibekali penguasaan materi Aswaja An Nahdliyah sebagai pembinaan bagi mahasiswa baru yang diisi oleh Ketua PCNU Temanggung KH. Muhammad Furqon.  

Kiai Furqon dalam materinya menekankan bahwa mahasiswa Akper harus mempunyai destinasi kepada Allah SWT, dan hal tersebut bisa diarih dengan memunyai modal ilmu dan amal.

"Dengan modal ilmu akan menjadikan mahasiswa mempunyai derajat lebih, dan ilmu akan menjadi bermanfaay apabila diamalkan," tegas pimpinan Pondok Pesantren Al Hidayah Prapak tersebut.

Oleh karena itu menurutnya NU mempunyai lembaga pendidikan  seperti Akper dan Inisnu dalam rangka untuk memberikan kesempatan kepada warga nahdliyin agar dapat mempunyai ilmu dan dapat diamalkan.

Selanjutnya disampikan bahwa warga nahdliyin tidak boleh mendikotomi antara Pendidikan Agama dan umum. Karena pada hakekatnya pendidikan agama dan umum sebagai satu kesatuan yang tidak dipisahkan.

Didepan para mahasiwa Ketua PCNU juga menyampaikan bahwa NU menjamin warga Nahdliyin untuk mendapatkan kesehatan, mengalih kelola Akper ini merupakan salah satu ikhtiar untuk mewujudkan cita cita tersebut.

"Oleh karena itu Mahasiswa baru Akper Al Kautsar diharapkan dapat melaksanakan amanah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat agar mempunyai kesehatan jasmani dan rohani, " pintanya. 

Dalam kesempatan itu juga hadir  Rektor Inisnu,  Direktur Akper Al-Kautsar, Pengurus YAPTINU dan mewakili Wakil Gubernur Jawa Tengah Arif Husni dari Biro Kesra Provinsi Jawa Tengah. 

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut