Logo Network
Network

Mengenal Es Dawet Minuman Khas Jawa Tengah

M Wali
.
Jum'at, 16 September 2022 | 16:21 WIB
Mengenal Es Dawet Minuman Khas Jawa Tengah
Dawet Ayu Banjarnegara/iNewsTemanggung.id

2. Dawet Jepara


Es Dawet Khas Jepara

Ada juga varian dawet lainnya dari Jepara yang memiliki tekstur kenyal dan juga halus. Uniknya, jika biasanya dawet lain terbuat dari tepung beras lain halnya dengan es dawet Jepara ini. Bahan utamanya adalah sagu aren.
 
Untuk penyajiannya, tidak jauh beda dengan dawet ayu dari Banjarnegara yang sangat populer. Akses dawet legendaris  Dawet Ayu Banjarnegara letaknya di samping kiri terminal bus,  Kota Banjarnegara. Namun, biasanya dawet Jepara memiliki isian yang lebih banyak, ditambah alpukat, durian, nangka, dan juga kelapa muda.
 

3. Dawet Semarangan

Sesuai dengan namanya, es dawet satu ini berasal dari Semarang. Bahan dasar pembuatan dawet ini adalah tepung beras. Dawet semarangan khasnya adalah penambahan durian ke dalamnnya, ditambah dengan tapai ketan dan juga potongan nangka yang membuat kelezatannya makin menggiurkan.

4. Dawet Ireng Jembut Kejebut Purworejo


Es Dawet Ireng Kejembut Purworejo

Baru-baru ini di Jawa Tengah sempat viral Es Dawet Jembut Kejejebut (Es Dawet Ireng Jembatan Butuh, Purwoeejo). Es dawet ini pada era akhir 90-an belum terlalu marak , dulu dari arah Loano menuju Jogja hanya satu dua penjual itu pun di sebelah kanan  jalan. 

Lain kalau dari arah Jogja lepas perbatasan Jawa Tengah menuju arah Purworejo, letaknya di kiri jalan, sehingga mudah untuk mampir sejenak sembari istirahat. Dawet ini berwarna hitam berasal dari campuran abu bakaran jeram padi.
Es dawet Ireng sangat cocok disajikan saat cuaca panas terik, aroma yang khas serta tambahan es dingin, sangat menyegarkan untuk menghilangkan  rasa haus dan dahaga. 

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.