get app
inews
Aa
Read Next : Gas Co2 di Kawah Timbang Dieng Meningkat, Warga Diimbau Menjauh

Sedang Tidur Pulas Dirumahnya Sendiri, Seorang Nenek Tewas Tertimbun Tanah Longsor

Selasa, 20 September 2022 | 20:56 WIB
header img
Tim SAR gabungan mengevakuasi korban tertimbun tanah longsor di bantaran Sungai Pelus, Arcawinangun, Purwokerto Timur, Banyumas, Jawa Tengah. Foto/iNews TV/Saladin Ayyubi

BANYUMAS, iNewsTemanggung.id - Seorang Nenek bernama Susilowati tertimbun longsor usai bencana longsor menerjang wilayah Arcawinangun, Purwokerto Timur, Banyumas Jawa Tengah pada Senin, (19/9/2022) malam. 

Tanah longsor menimbum nenek di tebing Kali Sungai Pelus, saat itu korban sedag tertidur dirumahnya yang berada di bantaran Sungai. Tanpa diketahui tiba-tiba longsor terjadi setinggi 10 meter yang membuat rumahnya longsor.

Saksi kejaidan Suparti Rayahu membenarkan bahwa Susilowati sedang tidur dirumahnya sendiri. 

"Korban yang sedang tertidur ikut jatuh ke jurang dan tertimbun longsoran tanah," ungkapnya membenarkan. 

Kejadian tersebut juga membuat tigas rumah rusak parah akibat tergerus longsoran. Sementara belasan rumah terancam dan membuat warga terpaksa diungsikan ketempat aman. 

Warga tak bisa berbuat banyak usai kejadian, dikarenakan derasnya hujan serta derasnya arus Sungai Pelus. 

Evakuasi korban berlangsung cukup dramatis. Pasalnya kondisi jasad korban tetimbun material tanah dan rumahnya sendiri yang longsor akibat tergerus Sungai Pelus yang berada tepat di belakang rumahnya.

Kapolsek Purwokerto Utara, Kompol Sambas menyatakan, jasad nenek Susilowati akhirnya bisa dievakuasi tim SAR gabungan dan warga setempat.

"Setelah dievakuasi, jasad korban akhirnya dibawa ke rumah duka yaitu di rumah kerabatnya yang terhindar dari longsoran," ujarnya, Selasa (20/9/2022).

Kini warga yang berada di bantaran Sungai Pelus diminta untuk menempati lahan relokasi yang sebelumnya sudah disediakan.

Hal ini dikarenakan kejadian tanah longsor di lokasi tersebut merupakan yang ke tiga kalinya dan pihak pemda setempat sudah memberikan lahan relokasi.

Artikel ini telah diterbitkan oleh daerah.sindonews.com dengan judul 
Dramatis, Evakuasi Warga Tertimbun Tertimbun Longsor di Bantaran Sungai Pelus

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut