get app
inews
Aa Read Next : Ditemukan Jenazah Suparno di RM Pondok Kopi Kertek, Polisi Temukan Obat ini

Waspada!! Cuaca Ekstrim Sebabkan Tanah Longsor di Wilayah Wonosobo hingga Purworejo

Minggu, 09 Oktober 2022 | 12:04 WIB
header img
Sejumlah daerah di Kabupaten Wonosobo dan Purworejo terkena bencana tanah longsor. Foto: ANTARA/iNewsTemanggung.id

WONOSOBO, iNewsTemanggung.id - Hujan deras akibatkan tanah longsor di wilayah  Wonosobo dan Purworejo yang mengakibatkan sejumlah rumah alami kerusakan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Wonosobo Bambang Triyono  mengatakan, hujan deras yang turun pada Jumat kemarin malam hingga Sabtu (8/10/2022) dini hari menyebabkan tanah longsor di beberapa lokasi di Desa Kumejing, Kecamatan Wadaslintang.

Hujan menyebabkan tanah tak kuat menahan debit air hingga terjadi longsor di Dusun Kedungbulu dan Dusun Kiringan, Desa Kumejing, serta retakan tanah di Dusun Brondong.

"Di desa tersebut juga terjadi tanah retak sepanjang kurang lebih 100 meter yang mengancam 30 rumah," kata Bambang Triyono. 

Bambang mengatakan, bencana tidak sampai menimbulkan korban jiwa, tetapi menyebabkan lima rumah rusak dan bagian jalan tertutup.

Menurut dia, tanah longsor menyebabkan dua rumah beberapa bagiannya rusak dan satu rumah rusak berat di Dusun Kedungbulu. Selain itu, tanah longsor menyebabkan kerusakan pada dua rumah warga di Dusun Kiringan.

"Hari ini warga dan relawan serta unsur dari BPBD, TNI, dan Polri bergotong-royong menyingkirkan puing-puing akibat longsor," kata Triyono.

Bencana tanah longsor juga terjadi di Desa Gunung Teges dan Desa Purbayan di Kecamatan Kemiri serta bagian wilayah Kecamatan Bruno di wilayah Kabupaten Purworejo pada Jumat (7/10/2022) sore.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purworejo Budi Wibowo mengatakan, tanah longsor menyebabkan tujuh rumah rusak sedang di Kecamatan Kemiri serta mengakibatkan bagian jalan tertutup longsoran di Desa Pakis Arum dan Desa Kaliglagah, Kecamatan Bruno.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut