Pasar Papringan Temanggung, Sensasi Belanja dengan Koin di Bawah Rindangnya Pohon Bambu

M Wali
.
Minggu, 16 Oktober 2022 | 10:21 WIB
Suasana Pasar Papringan Temanggung. Foto: Mw/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Kabupaten Temanggung merupakan daerah yang memiliki keindahan alamnya. Banyak tempat wisata di daerah ini yang wajib kamu kunjungi. 

Salah satunya objek wisatanya ialah Pasar Papringan Ngadiprono, Warga Dusun Limbangan, Desa Tanjungsari, Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mengembangkan objek wisata Papringan Wisanggeni dengan mengokonsep wisata berbasis konservasi alam.

Tak hanya alam, namun kearifan lokal warga setempat dimanfaatkan untuk menarik pengunjung dari berbagai daerah.

Kata Papringan sendiri berasal dari bahasa jawa yang artinya kebun pohon bambu. Bambu memiliki nilai estetis tinggi sekaligus beragam manfaatnya. Mulai penghasil oksigen, menyuburkan tanah, bahan material bangunan, hingga menjadi obyek yang menyejukan.

Berlandaskan hal itu warga Ngadiprono bertekat untuk mengubah kebun bambu yang kumuh menjadi tempat wisata populer di Temanggung.

Belanja Dengan Koin

Pasar Papringan Ngadiprono cocok untuk tempat wisata santai dengan keluarga, pasar ini tak buka setiap hari ia hanya ada di hari tertentu saja yaitu Ahad Wage dan Ahad Pon mulai pukul 6.00 WIB sampai 12.00 WIB.

Disana anda bakal disuguhkan hal-hal baru yang menarik. Warga setempat menyuguhkan kearifan lokal yang dipamerkan mulai dari kuliner Jadul, Pernakpernik kerajinan tangan, hingga hasil pertanian.

Uniknya lagi Rupiah tidak berlaku untuk belanja di pasar Bambu Temanggung ini. Wisatawan harus menukarkannya dengan uang Papringan yang 1 kepingnya setara dengan Rp2.000 yang ditukarkan pengunjung untuk belanja disana. 

Sembari menikmati berbagai hidangan kuliner istimewa dan ditemani semilir angin di sela pohon bambu, wisatawan juga akan di hibur dengan kesenian tradisional khas Temanggung.

Kesenian tersebut berupa tari, musik karawitan, musik tradisional samai permainan – permainan yang hampir terlupakan. Tentunya pertunjukan pertunjukan seni di pasar ini akan membangkitkan kembali kenangan masa tradisional dahulu.

Tempat Strategis 

Lokasi Pasar Papringan cukup strategis untuk dikunjungi, alamat tepatnya berada di Dusun Ngadiprono, Ngadiprono, Ngadimulyo, Kedu, Temanggung, Jawa Tengah.

Jika ditempuh dari Semarang kurang lebih memakan waktu 2 jam perjalanan. sedangkan dari Jogja sekitar 3 jam an. Tersedia angkutan umum “angkudes” jalur 5 dari ngimbrang kedu jumo. Bus Besar tidak bisa mendekat ke lokasi, harus berhenti di jarak sekitar 200 m.

Gimana anda minat untuk mengunjunginya? 

 

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News

Bagikan Artikel Ini