get app
inews
Aa Read Next : Buka Posko, Dinperinaker Temanggung Layanani Konsultasi dan Aduan THR

Dinperinaker Temanggung Memfasilitasi Penyandang Disabilitas untuk Bekerja di Perusahaan

Selasa, 18 Oktober 2022 | 17:01 WIB
header img
Penyandang Disabilitas Temanggung bisa bekerja di Perusahan. Foto: MS/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG,iNewsTemanggung.id - Penyandang disabilitas di Temanggung berkesempatan dapat bekerja di beberapa perusahaan di Temangung. Hal tersebut telah difasilitasi oleh Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan.

Rahmaningrum Widi Apsari, Kabid Penempatan dan Pelatihan Kerja Dinperinaker Temanggung mengakatan, untuk pekerja disabilitas bakal diberikan unit khusus dalam rangka aksi perubahan kinerja organisasi.

Dengan layanan disabilitas ini, pihaknya memfasilitasi para penyandang disabilitas untuk mendapatkan pekerjaan.

“Setidaknya, di Temanggung ada 5000 sekian difabel. Mulai dari difabel rungu, daksa, wicara dan lainnya. Baik itu yang difabel murni atau dari lahir maupun tidak,” tuturnya Senin (17/10/2022).

Ia melihat disabilitas masih minim perhatian, meskipun sudah ada. Tapi eksekusinya kurang.

“Ini sedang proses untuk pengajuan ke bapak bupati untuk rancangannya. Berangkat dari situ, kami, unit pelayanan, berusaha memfasilitasi bagaimana caranya agar teman-teman disabilitas bisa mulai berkarya, baik itu di sektor formal maupun nonformal, seperti usaha, perusahaan, BUMN, BUMD, atau pemerintah daerah,” jelasnya.

Dia menambahkan, kini unit tersebut sedang tahap pendataan para disabilitas yang siap bekerja. Untuk sektor formal, pihaknya sudah dalam langkah minta lowongan kepada beberapa perusahaan agar memberikan kuota lowongan untuk disabilitas, baik itu melalui forum maupun mengirim surat.

“Sudah ada beberapa perusahaan atau dunia usaha yang mengirimkan jawaban dan membuka lowongan untuk disabilitas. Dan kita follow up ke penyandang disabilitas yang sudah siap bekerja, sekarang sudah ada sekitar 23 orang yang kita buatkan curriculum vitae,” katanya

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut