Logo Network
Network

Nganjang Sembilan Puluh Meter Tembakau, Warga Temanggung Jaga Warisan Leluhur

Dwi Kurniawan
.
Minggu, 30 Oktober 2022 | 07:33 WIB
Nganjang Sembilan Puluh Meter Tembakau, Warga Temanggung Jaga Warisan Leluhur
Puluhan warga hiasi Festival Lembutan Bansari dengan nganjang sepanjang 90 meter. Foto: Hms/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Puluhan pengrajang Tembakau hiasi rangkaian acara Festival lembutan Bansari 3 yang bertajuk "Nganjang Sembilan Puluh Meter" di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.

Kegiatan berlangsung di lapangan Desa Bansari Temanggung Sabtu, (29/10/2022). 

Acara tahunan tersebut digelar untuk melestarikan budaya luhur, di mana Temanggung sendiri merupakan kota yang kental dengan Tembakau.

Pada momen itu, 22 gadis menunjukkan keahliannya dalam menganjang lembutan di atas rigen (Tempat Penjemuran Tembakau) dan membuat barisan sepanjang 90 meter.

Agus Zamroni, Ketua Panitia Festival Lembutan tahun 2022 menyampaikan, bahwa banyak para petani tembakau yang menjadi pengrajin lembutan, acara ini juga menyebarluaskan energi positif bagi masyarakat.

"Perekonomian petani yang punya lahan meningkat, dibuktikan lembutan ini sudah keluar daerah, dan ternyata bisa diterima masyarakat luas selain untuk konsumsi sendiri. Makanya, kami tahun 2022 ini mengambil tema 'Sewu Siji Rupo, Sewu Siji Rasa' artinya tembakau yang bermacam-macam ini memiliki rasa yang berbeda-beda juga," tandasnya.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News

Bagikan Artikel Ini