get app
inews
Aa Read Next : 5 Alasan Mendaki Gunung Sumbing Melalui Jalur Banaran Temanggung

BNN Temanggung Siaga Peredaran Narkotika Jenis Baru di Kota Tembakau

Jum'at, 30 Desember 2022 | 15:11 WIB
header img
BNN Temanggung melakukan Press Release tahun 2022. Foto: NS/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Temanggung dalam keterangan releasenya mengungkap, bahwa peredaran narkotika jenis baru menjadi tantangan tersendiri bagi BNN Temanggung. 

Pasalnya, narkotika jenis baru atau new psychoactive substance (PSN) bisa jadi setiap satu tahun pasti muncul jenis baru. 

Kepala BNNK Temanggung AKBP Triatmo Hamardiyono mengatakan, belum banyak masyarakat di Temanggung yang tahu akan peredaran narkotika jenis baru ini, sedangkan pengedar selalu berusaha mengkamuflase barang mereka.

"Narkotika jenis baru selalu ada, bisa jadi dalam satu tahun muncul jenisa baru," katanya, Kamis, (29/122022) di Temanggung.

Sepanjang 2022 barang jenis baru beredar, dan BNN RI telah menguji 360 sampel tersebut. 

Hanya saja lanjutnya, sampai saat ini pihaknya belum menemukan adanya narkotika jenis baru di Temanggung.

Namun demikian, pihaknya tidak akan pernah lengah dalam memberantas peredaran narkotika di Temanggung.

"Data dari BNN RI jumlah narkotika jenis baru yang beredar di seluruh nusantara ini 91 jenis, di mana 81 jenis lainnya sudah diatur dalam undang-undang, sementara yang 100 jenis lainnya belum,” jelasnya.

Triatmo mengakui, dalam satu tahun BNN hanya diberi anggaran untuk mengungkap satu kasus peredaran narkotika. Di tahun 2022 pihaknya berhasil mengungkap satu kasus dengan dua tersangka, selain itu juga memetakan 4 jaringan

Pemberantasan narkotika tidak lepas dari peran semua lapisan masyarakat, oleh karena itu pihaknya meminta agar masyarakat juga ikut memberikan kontribusi dalam upaya pencegahan peredaran narkotika di Temanggung.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut