get app
inews
Aa Read Next : Ngainirrichadl Hadiri Harlah Muslimat NU Temanggung Ke-78

Sejarah Bambu Runcing, Dikenalkan Pertama Kali oleh Kiai Subkhi Parakan Temanggung

Kamis, 12 Januari 2023 | 13:01 WIB
header img
KH. Subkhi pelopor bambu runcing sekaligus seorang Kiai yang membentuk laskar pertama bambu runcing dari Temanggung, Jawa Tengah. Foto: Editor/iNewsTemanggung.id

Asal mula penggunaan bambu runcing lantaran keterbatasan senjata kala itu. Sementara perjuangan untuk memperebutkan kemerdekaan masih harus berlangsung dari serangan sekutu.

Para pemuda yang menggunakan senjata ini biasanya disebut sebagai barisan bambu runcing yang menjadi laskar dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Nantinya, senjata inilah yang digunakan oleh para laskar dalam melawan penjajah dengan melemparkan bambu tersebut. Meski hanya bambu runcing, namun senjata ini dipercaya mampu menimbulkan rasa takut yang besar bagi para penjajah. 

Pasukan Belanda sendiri mengatakan jika bambu runcing menjadi senjata yang mematikan. Pasalnya, bambu runcing mampu membunuh lawan dalam diam. 

Tidak seperti senjata para tentara Belanda yang mampu didengar dari jauh suara tembakan atau pun bom lainnya. Yang mana senjata ini mampu dielakkan dan bersembunyi sebelum akhirnya menyerang masyarakat Indonesia.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut