get app
inews
Aa Read Next : Menaker Ida Fauziyah: Pembayaran THR Harus Penuh, Tidak Boleh Dicicil

Hanya Jualan Pilus Pria ini Mampu Beli Rumah dan Mobil, Ternyata ini Rahasianya

Minggu, 05 Februari 2023 | 22:05 WIB
header img
Hanya Jualan Pilus Pria ini Mampu Beli Rumah dan Mobil, Ternyata ini Rahasianya. Foto: Ist/iNewsTemanggung.id

TEGAL, iNewsTemanggung.id - Setiap daerah memiliki makanan atau jajanan khasnya sendiri. Misalnya di Tega Jawa Tengahl, pilus kletuk merupakan salah satu jajanan khas.

Jajanan Tegal ini biasanya diproduksi oleh industri rumahan. Namun, banyak yang meraih kesuksesan berkat piluk kletuk. Hingga pengusaha pilus ini berhasil membeli rumah dan mobil.

Seorang pengusaha pilus kletuk, memulai usahanya dengan niat untuk memiliki rumah sendiri. Setelah dua tahun bekerja di bidang ini, ia bisa membeli rumah dan mobil, tetapi juga sebidang tanah.

"Awal usaha ini pengin beli rumah. Alhamdulillah dua tahun (bisa beli rumah), luar biasa hasilnya. Tanah sih sudah punya alhamdulillah, mobil sudah punya," kata dia, dikutip dari iNews.id, Minggu (5/2/2023). 

Pilus kletuk dibuat dengan menggunakan aci atau adonan tepung, kemudian ditambahkan bawang putih, bawang merah, garam dan penyedap rasa. Kemudian adonan pilus diaduk menggunakan mesin sampai rata.

Kemudian adonan yang sudah tercampur tersebut dicetak dengan bentuk memanjang, lalu dipotong kecil-kecil. Itu semua dilakukan atau diproduksi dengan tangan.

Usai dipotong dengan ukurang kecil, pilus diayak dan digoreng selama 15 menit. Dalam menggoreng pilus kletuk harus selalu diaduk agar matang merata.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut