get app
inews
Aa Read Next : Hardiknas 2024, Puluhan Sekolah di Temanggung ikuti Festival Seni dan Gelar Karya Pendidikan

Mitos Lampor Temanggung, Keranda Terbang yang Menghantui Masyarakat

Rabu, 24 Mei 2023 | 00:49 WIB
header img
Keranda terbang yang menjadi mitos masyarakat Temanggung. Foto: IST/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Kabupaten Temanggung memiliki mitos yang sering dikenal di masyarakat, mitos tersebut adalah lampor. Kisah horor ini menurut cerita yang beredar sebuah keranda terbang yang memburu orang yang melakukan perbuatan keji. 

Konon keranda terbang itu datang dengan sesosok iblis pencabut nyawa disaat hari menjelang gelap.

Dalam mitosnya, apabila ada warga yang keluar rumah pada malam hari, maka orang tersebut akan bilang dibawa oleh lampor dan tak bisa kembali lagi. Meskipun bisa kembali ia akan kembali dalam keadaan linglung atau gila.

Menurut cerita yang lain, ada juga masyarakat yang percaya bahwa lampor adalah anggota pasukan Nyi Blorong yang datang disertai angin kencang dari laut selatan yang melewati sejumlah daerah. Ketika angin datang, masyarakat akan membuat suara gaduh dengan memukul kentungan. Hal itu supaya lampor tidak menyerang kawasan tersebut.

Seorang sineas bernama Guntur Soeharjanto yang pernah tinggal di sekitar wilayah pegunungan Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, menceritakan bahwa mitos teror lampor ini dipercaya oleh masyarakat pedesaan di daerah tersebut.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut