get app
inews
Aa Read Next : 5 Alasan Mendaki Gunung Sumbing Melalui Jalur Banaran Temanggung

Bencana Longsor di Tleter Kaloran, 1 Korban Lansia Tewas Tertimbun

Sabtu, 27 Januari 2024 | 13:45 WIB
header img
Petugas BPBD Temanggung mengevakuasi korban tanah longsor di Kaloran Temanggung. Foto: IST/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id -  Dusun Delen, Desa Tleter, Kecamatan Kaloran, Temanggung, diselimuti malapetaka longsor yang menghantam rumah warga pada Jumat Malam (26/1/2024).

Kejadian ini terjadi setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras. Identitas korban terungkap yakni Sangit Rubini (76), yang ditemukan tewas setelah dapur rumahnya terkena longsor tebing.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) segera meluncur untuk melakukan evakuasi.

Tim menghadapi kendala karena banyaknya material longsor dan medan yang sempit, sehingga proses evakuasi berlangsung hampir dua jam.

Thoifur Hadi, Kepala Pelaksana BPBD Temanggung, menjelaskan bahwa bencana tanah longsor tersebut dipicu oleh hujan deras yang terjadi sejak sore hari. Tebing di belakang rumah korban longsor dan menimpa bagian dapur rumah.

"Korban ini tertimbun longsoran di dapur. Kondisi dievakuasi sudah meninggal dunia. Kejadian itu pukul 18.15. Kami dapat laporan pukul 19.00 selesai evakuasi jam 21.00," ucap Thoifur Hadi, Jumat malam (26/1/2024).

Thoifur menjelaskan, evakuasi cukup lama lantaran medan cukup sempit sehingga hanya dilakukan satu orang.

"Korban satu rumah tangga itu ada empat KK (kepala keluarga) kebetulan korban ini posisinya sedang ada di dapur sehingga terkena longsoran. Kalau sulit (evakuasi) tidak cuma karena sempit jadi evakuasi tidak bisa dilakukan secara bersama-sama," paparnya.  

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut