get app
inews
Aa Read Next : Menjelajahi Kehidupan Sehari-hari Kebiasaan Orang Temanggung

Kementerian Sosial Dorong Kearifan Lokal di Kelurahan Jampirejo Temanggung untuk Tangkal Radikalisme

Sabtu, 27 Januari 2024 | 14:21 WIB
header img
Kelompok Rebana di Kelurahan Jampirejo Temanggung mendapatkan program bantuan sosial dari Kemensos RI. Foto: Fad/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id  - Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) mengambil langkah proaktif dalam pencegahan radikalisme dan terorisme dengan menginisiasi program kearifan lokal di Kelurahan Jampirejo, Temanggung.

Program ini difokuskan pada pengembangan alat hadrah dan usaha ternak kambing sebagai upaya memanfaatkan potensi lokal guna memperkuat komunitas.

Langkah ini sejalan dengan strategi pemerintah untuk memitigasi potensi paham ekstrem dengan membangun kekuatan dari tingkat lokal.

Program tersebut diharapkan dapat memberdayakan masyarakat setempat, meningkatkan kemandirian ekonomi, dan sekaligus menjadi benteng pertahanan terhadap ideologi radikal.

Ketua Karangtaruna setempat Ardiyan Pamungkas menyadari urgensi membangun kebersamaan dan solidaritas dalam upaya mencegah potensi rekrutmen dan penyebaran ide-ide radikal. 

"Pengembangan kearifan lokal tidak hanya meningkatkan ekonomi masyarakat, tetapi juga merangsang rasa kebanggaan akan budaya dan tradisi. Ini adalah langkah nyata dalam upaya kita bersama membangun keamanan dan ketahanan melalui penguatan komunitas lokal,''ungkapnya

Ia berharap program inovatif ini bukan hanya sebagai langkah konkret dalam mencegah radikalisme, namun juga dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk mengadopsi pendekatan serupa dengan tujuan menciptakan lingkungan yang harmonis dan tangguh terhadap potensi ancaman radikalisme dan terorisme.

 

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut