get app
inews
Aa Read Next : Tuban Kembali Diguncang Gempa 3 April 2024, Begini Penjelasan BMKG

Bumi Gelap Gulita Selama 3 Hari Saat Gerhana Matahari 8 April Besok, Begini Kata BMKG dan BRIN

Senin, 01 April 2024 | 16:06 WIB
header img
Herhana Matahari Total. Foto: Ist/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id BMKG mengkonfirmasi adanya Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada tanggal 8 April 2024.

Menurut BMKG, Gerhana Matahari Total terjadi saat bulan berada di antara matahari dan bumi, menyebabkan seluruh permukaan matahari yang seharusnya terlihat dari bumi tertutup oleh bulan. Saat fenomena ini terjadi, langit akan gelap seperti fajar atau senja.

Jalur gerhana akan melintasi wilayah benua Amerika, sehingga Gerhana Matahari Total dapat diamati di Amerika Utara, Amerika Serikat, Meksiko, bagian tengah Amerika Serikat, dan bagian timur Kanada.

BMKG menjelaskan bahwa Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada tanggal 8 April 2024 hanya dapat diamati di Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada.

Sayangnya, Indonesia tidak dapat menyaksikannya karena pada saat Gerhana Matahari Total berlangsung, wilayah Indonesia berada pada sisi gelap bumi atau malam hari.

BMKG menyatakan bahwa gerhana ini akan berlangsung selama beberapa jam, dengan kota yang akan mengalami durasi terpanjang selama 4 menit 26 detik.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut