get app
inews
Aa Read Next : Bumi Gelap Gulita Selama 3 Hari Saat Gerhana Matahari 8 April Besok, Begini Kata BMKG dan BRIN

Tuban Kembali Diguncang Gempa 3 April 2024, Begini Penjelasan BMKG

Rabu, 03 April 2024 | 17:08 WIB
header img
Wilayah Tuban Kembali Diguncang Gempa, Kenapa Gempa Tuban Sering Terjadi, Simak Penjelasan dari BMKG. Foto: Ist/iNewsTemanggung.id

TUBAN, iNewsTemanggung.id - Pada Rabu, 3 April 2024, pukul 16.02.16 WIB, terjadi gempa bumi tektonik di wilayah Laut Jawa dekat Tuban, Jawa Timur.

Berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini memiliki magnitudo sebesar M5,2.

Episentrum gempa terletak di koordinat 5,86° LS ; 112,35° BT, atau sekitar 120 km di Timur Laut Tuban, Jawa Timur, dengan kedalaman 10 km.

Gempa ini tergolong dalam jenis gempa tektonik dangkal yang disebabkan oleh aktivitas sesar aktif di Laut Jawa. Analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa pergerakan gempa ini bersifat geser (strike-slip).

Gempa ini menyebabkan dampak yang dirasakan di beberapa daerah sekitarnya.

Misalnya, di Bawean dengan skala III-IV MMI (dapat dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah), Surabaya, Tuban, Gresik, Bojonegoro, Blora, dan Kendal dengan skala II-III MMI (getaran dirasakan nyata di dalam rumah), serta Banjar dengan skala I-II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan bergoyang).

Meskipun begitu, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami menurut hasil pemodelan. Selain itu, gempa ini juga dapat memicu gempa susulan.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut