get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Jateng Keluarkan Surat Edaran Mitigasi Bencana untuk Antisipasi Ancaman Gempa Megathrust

7 Fakta Tentang Potensi Gempa Megathrust di Jawa

Minggu, 01 September 2024 | 15:55 WIB
header img
Gempa Megathrust di Jawa.

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Berikut adalah 7 fakta penting yang perlu Anda ketahui tentang gempa megathrust di Jawa.Potensi gempa megathrust yang mengancam Pulau Jawa semakin ramai dibicarakan. Dengan populasi padat dan infrastruktur penting, ancaman ini menjadi perhatian serius bagi banyak pihak.

1. Apa Itu Gempa Megathrust?

Gempa megathrust adalah gempa yang terjadi di zona subduksi, di mana lempeng tektonik saling menekan. Zona subduksi yang terdapat di pesisir selatan Jawa adalah pertemuan antara Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia. Gempa di area ini berpotensi menyebabkan gempa berkekuatan besar, yang dapat mencapai lebih dari Magnitudo 8.

2. Jawa Selatan, Zona Bahaya Utama

Wilayah pesisir selatan Jawa, termasuk daerah-daerah seperti Bantul, Pacitan, Cilacap, hingga Sukabumi, berada di dekat zona subduksi megathrust. Artinya, daerah ini sangat berisiko mengalami gempa besar. Bahkan, daerah ini memiliki potensi untuk diguncang gempa yang dapat memicu tsunami.

3. Prediksi Magnitudo Lebih Dari 8 Skala Richter

Para ahli geologi telah memperkirakan bahwa gempa megathrust yang berpotensi terjadi di sepanjang pantai selatan Jawa bisa mencapai Magnitudo 8,7 atau lebih. Ini akan menjadi salah satu gempa terbesar yang pernah terjadi di Indonesia jika sampai terjadi.

4. Potensi Tsunami 

Selain kekuatan gempa, ancaman tsunami yang dihasilkan dari gempa megathrust juga sangat serius. Gempa di bawah laut dapat menyebabkan pergerakan air laut yang besar, menghasilkan gelombang tinggi hingga 20 meter yang bisa menghantam pesisir selatan Jawa hanya dalam waktu sekitar 20-30 menit setelah gempa terjadi.

Editor : Redaksi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut