get app
inews
Aa Read Next : 5 Alasan Mendaki Gunung Sumbing Melalui Jalur Banaran Temanggung

Melihat Jejak 4 Kampung Mati di Temanggung, Tersembunyi di Tengah Hutan

Rabu, 03 April 2024 | 17:32 WIB
header img
4 Kampung mati di Temanggung yang ditinggalkan warganya. Foto: YouTube/Cank Tuin Channel/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Temanggung, salah satu daerah di Jawa Tengah, telah menjadi tujuan utama para wisatawan yang mencari keindahan alam karena kedekatannya dengan gunung dan panorama alam yang menakjubkan.

Namun, meskipun dikenal sebagai daerah penghasil tembakau dan hasil pertanian yang subur, Temanggung ternyata juga memiliki sebuah kampung terpencil yang dikenal sebagai kampung mati, terletak di tengah hutan.

Tidak main-main, ada empat kampung mati di Temanggung yang ditinggalkan karena berbagai alasan, dengan lokasinya yang sangat terpencil dan terletak di tengah hutan.

Dilansir dari youtube YouTube/Cank Tuin Channel Kampung mati di Temanggung yang dimaksud adalah Kampung Wonotopo di Candiroto, Temanggung.

Akses jalan menuju kampung ini sangat sulit, menyebabkannya terisolasi karena jalannya berbatu, tidak beraspal, dan terletak di tengah hutan.

Jika Anda berencana mengunjungi kampung mati di Temanggung, khususnya Kampung Wonotopo di Candiroto,  untuk memastikan kondisi kendaraan bermotor Anda dalam keadaan sangat baik.

Hal ini karena dipastikan tidak ada stasiun pengisian bahan bakar atau bengkel tambal ban di sekitar lokasi tersebut.

Untuk mencapai kampung mati di Temanggung ini, terletak di Kampung Wonotopo, Candiroto, Anda dapat menempuh perjalanan selama sekitar 1,5 jam dari pusat kota atau dari Jalan Raya Pasar Candiroto dengan mengambil arah ke kiri.

Kampung mati di Temanggung ini cukup unik karena tidak hanya satu dusun saja yang ditinggalkan, akan tetapi ada kira-kira 4 dusun yang ditinggalkan dan akhirnya berakhir terisolir di tengah hutan.

Pertama, adalah Dusun Tengu, kemudian ada Dusun Secentong Wonotopo, Dusun Candiroto, dan Dusun Gunung Tengu.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut